Surat Suara Pemilu 2019 Mulai Didistribusikan di Jateng

Mustholih    •    Jumat, 01 Feb 2019 19:26 WIB
pilpres 2019
Surat Suara Pemilu 2019 Mulai Didistribusikan di Jateng
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Semarang: Surat suara untuk Pemilihan Umum 2019 sudah didistribusikan di Jawa Tengah. Kota dan Kabupaten Tegal menjadi dua daerah yang lebih dulu mendapat pembagian kertas suara dari KPU Pusat.

"KPU Kota Tegal sudah dapat surat suara. Rencana hari ini KPU Kabupaten Tegal surat suara dikirim. Langsung dikirim dari Jakarta, karena KPU Pusat yang mencetak surat suara tersebut," kata Anggota Komisioner KPU Jawa Tengah, Ikhwanuddin di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 1 Februari 2019.

Menurut Ikhwanuddin, pembagian kertas suara didistribusikan secara bertahap di 35 Kabupaten atau Kota se-Jawa Tengah. KPU Kota dan Kabupaten Tegal menjadi dua institusi yang lebih dulu mendapat kertas suara karena alasan jarak yang lebih dekat dengan Ibu Kota Jakarta. "Mungkin karena dekat dengan Jakarta dan mungkin jumlahnya tidak banyak," ujar Ikhwanuddin.

Pada Pemilu 2019, Ikhwanuddin menyatakan KPU Jawa Tengah sudah melakukan persiapan logistik. Tahun lalu, KPU Jawa Tengah sudah menyelesaikan pengadaan kotak dan bilik suara, segel, pita, hologram, serta tinta untuk pencoblosan. "Logistik itu sudah ada di KPU Kabupaten atau Kota. Kondisi aman tidak ada yang rusak," tegas Ikhwanuddin.

Menurut Ikhwanuddin, logistik Pemilu seperti kotak suara bilik suara masih rapat dibungkus plastik. Rencananya, KPU pada masing-masing wilayah di Jateng mulai merakit kotak dan bilik suara pada 1 hingga 28 Februari 2019. "Setelah dirakit, surat suara dan logistik Pemilu akan dimasukkan ke dalam kotak suara," tegas Ikhwanuddin.

Logistik Pemilu 2019 dijamin aman karena tersimpan dalam gudang yang dijaga ketat selama 1 x 24 jam. Menurut Biro Operasional Kepolisian Daerah Jawa Tengah, AKP Bayu Marwanto, gudang penyimpanan logistik Pemilu di tingkat Kabupaten atau Kota di Jateng dijaga minimal lima anggota Polisi. "Pengamanan logistik dilaksanakan selama 24 jam penuh," ungkap Bayu di kesempatan yang sama.

Bayu mengaku sudah melakukan pengecekan pengamanan gudang logistik KPU di Karanganyar, Surakarta, dan Sragen. Pengamanan gudang-gudang milik ke tiga KPU itu dinyatakan sudah memenuhi standar. "Personel pengamanan sudah mencukupi untuk mengamankan logistik," jelas Bayu.


(DEN)