Visa 11 Calon Haji Temanggung Akhirnya Rampung

Pythag Kurniati    •    Kamis, 10 Aug 2017 12:35 WIB
haji 2017
Visa 11 Calon Haji Temanggung Akhirnya Rampung
Jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Visa 11 calon haji kelompok terbang (kloter) 14 asal Kabupaten Temanggung akhirnya rampung. Jemaah calon haji kloter 14 tersebut akan diterbangkan bersama dengan kloter lain pada gelombang kedua.

"Mereka akan bergabung dengan kloter 61 dan 62 yang diterbangkan ke Tanah Suci pada 16 Agustus 2017," kata Kasubag Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Donohudan Badrus Salam di Boyolali, Jawa Tengah, Kamis 10 Agustus 2017.

(Baca: Jemaah Gelombang Kedua Diimbau Mandi Umrah di Embarkasi)

Menurut Badrus, kloter 61 sejak awal berisi jemaah calon haji gabungan asal Kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Sedangkan, kloter 62 diisi jemaah calon haji Kabupaten Temanggung dan Wonosobo.

"Jadi kloter 14 malah bisa bergabung dengan daerah asalnya yang juga dari Temanggung," papar nya.

Badrus menjelaskan, kepastian visa jemaah calon haji asal Temanggung baru didapatnya akhir pekan lalu. "Kemudian petugas kami segera mengambilnya ke Jakarta," lanjutnya.

Akibat keterlambatan visa 11 calon haji tersebut, 22 calon haji asal Temanggung tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci. Sebanyak 11 calon haji lainnya adalah pendamping dari 11 calon haji yang visanya belum keluar.

(Baca: Keberangkatan 22 Calon Haji Temanggung Mundur)

Hingga saat ini, sebanyak 15.013 calon haji Jawa Tengah dan DIY telah diberangkatkan ke Tanah Suci. Mereka tergabung dalam 42 kloter.

Empat calon haji meninggal dunia. Satu orang meninggal di Embarkasi Haji Donohudan dan tiga lainnya mengembuskan nafas terakhir di Tanah Suci.

Sedangkan, sembilan 9 calon haji tengah sakit. Delapan orang dirujuk ke Rumah Sakit Moewardi, sisanya dirujuk ke Rumah Sakit Banyu Bening.

Tahun ini, Embarkasi Haji Donohudan memberangkatkan 33.637 calon haji asal Jawa Tengah dan DIY. Rinciannya, 30.479 orang dari Jawa Tengah dan 3.158 orang dari DIY.

Pemberangkatan jemaah calon haji Jateng DIY dibagi dalam dua gelombang. Pemberangkatan dimulai 28 Juli dan berakhir pada 26 Agustus 2017.

 


(NIN)