CD Indonesia Raya Tiga Stanza akan Disebar ke Sekolah 3T

Pythag Kurniati    •    Rabu, 06 Sep 2017 17:03 WIB
lagu nasional
CD Indonesia Raya Tiga Stanza akan Disebar ke Sekolah 3T
Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Restu Gunawan (batik coklat dan memegang microphone) di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, 6 September 2017.

Metrotvnews.com, Solo: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana menyebarkan keping CD lagu Indonesia Raya tiga stanza yang sesuai standar ke sekolah-sekolah di Indonesia. Sekolah di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) bakal menjadi prioritas.

"Keping kaset CD akan mulai kami distribusikan mulai tahun depan," ungkap Direktur Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Restu Gunawan di Universitas Sebelas Maret, Solo, Rabu, 6 September 2017.

Beberapa sekolah di kawasan 3T akan menjadi prioritas distribusi. Sebab kawasan itu sulit dijangkau internet.

Selain itu, Restu mengemukakan masyarakat dapat mengunduh tutorial Indonesia Raya melalui website laguindonesiaraya.id. "Mulai dari sejarah, partitur, audio dan video semua ada di situ," ujarnya.

Baca: Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Direkam di Lokananta Solo

Sejak perekaman ulang lagu Indonesia Raya tiga stanza bulan Mei lalu di Lokananta Solo, Kemendikbud berupaya menggencarkan sosialisasi. Hal itu dilakukan agar masyarakat Indonesia familier dengan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

"Kami lebih fokus ke sosialisasi dulu sebelum menginjak ke aturan penerapan," jelas dia

Menurutnya, antara Indonesia Raya satu stanza maupun tiga stanza semua boleh dinyanyikan. "Tidak ada yang salah dengan satu atau tiga stanza. Hanya kita memang perlu kenalkan tiga stanza," imbuhnya.

Aturan lagu Indonesia Raya termuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 1958 tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Merujuk aturan itu, Indonesia Raya boleh dinyanyikan satu atau tiga stanza.

Hanya saja menurut Restu, lagu Indonesia Raya tiga stanza memiliki makna lebih holistis. "Maknanya juga penting bagi penguatan pendidikan karakter bagi generasi muda," paparnya.

Lagu Indonesia Raya kembali direkam dalam tiga stanza di studio tertua di Indonesia, Lokananta, Solo. Perekaman dikerjakan oleh Orkes Gita Bahana Nusantara dibawah pimpinan Purwacaraka pada bulan Mei 2017.

Indonesia Raya direkam kembali dalam lima versi, yakni orkes simfoni, orkes harmoni, orkes fanfare, iringan piano serta unisono. Aransemen yang dipakai sama seperti saat perekaman pertama kali pada tahun 1950 oleh Josef Cleber.


(ALB)