Revolusi Mental, ASN Harus Ubah Budaya Kerja

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 26 Aug 2017 16:08 WIB
revolusi mental
Revolusi Mental, ASN Harus Ubah Budaya Kerja
Menteri PAN RB Asman Abnur di Kota Solo, Jawa Tengah. --MTVN/Pythag--

Metrotvnews.com, Solo: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Asman Abnur meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) mengubah budaya kerja. Pernyataan itu disampaikan Menteri PAN RB saat membuka Rembuk Nasional Gerakan Indonesia Melayani di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Pilihan kita untuk melakukan revolusi mental ASN adalah dengan mengubah budaya kerja setiap instansi pemerintah," ujar Asman, Sabtu, 26 Agustus 2017.

Hal ini, lanjutnya, merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental. Salah satu program yang disebutkan dalam Instruksi Presiden yakni Gerakan Indonesia Melayani. Gerakan tersebut antara lain berfokus pada peningkatan kapasitas, penegakan disiplin dan penyempurnaan sistem manajemen kinerja ASN.

Menpan mengemukakan, ukuran keberhasilan kinerja ASN bukan hanya terletak pada besarnya serapan anggaran, namun pada output yang telah dihasilkan. ASN tidak boleh bangga hanya karena serapan anggaran yang tinggi.

"Serapan anggaran tinggi tapi kalau saat ditanya apa yang dihasilkan tidak bisa menjawab, itu juga tidak baik,” kata dia.  Asman meminta tidak ada lagi ASN, OPD atau dinas yang tidak jelas menentukan target capaian.

Ia melanjutkan, ketertarikan organisasi atau instansi pemerintah untuk terus berinovasi juga menjadi poin penting. Dalam hal ini, Asman membandingkan dengan kinerja ASN di Australia.

"Saya tanya ke komisioner ASN di Australia, kenapa ASN nya bisa maju," ujarnya. Ia memaparkan, setiap tahun karya inovasi yang diciptakan ASN di Australia dikompetisikan. Hal ini berimbas pada inovasi pelayanan yang terus-menerus lahir.

Rembuk Nasional Gerakan Indonesia melayani ini diikuti sekitar 500 orang peserta dari berbagai instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah. Rembuk Nasional ini merupakan salah satu rangkaian acara Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental yang diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah.


(ALB)