Tegal Bebas Pil PCC

Kuntoro Tayubi    •    Senin, 18 Sep 2017 18:31 WIB
obat berbahaya
Tegal Bebas Pil PCC
Ilustrasi PPC (Foto: Men's Health)

Metrotvnews.com, Tegal: Wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dipastikan aman dari peredaran pil PCC (Paracetamol Cafein Carisoprodol). Sebab, pil yang sudah menimbulkan korban jiwa di Kendari, Sulawesi Tenggara itu, sudah lama tak beredar. Meski begitu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal akan membentuk satuan tugas (satgas) guna mengantisipasi peredaran pil tersebut. 

"Saya sudah lama tak menemukan pil itu di Kabupaten Tegal. Sepertinya sudah tidak beredar," kata Kepala Dinkes Kabupaten Tegal, Hendadi Setiaji, Senin, 18 September 2017. 

Menurut Hendadi, berdasarkan edaran dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, peredaran ‎pil PCC juga hingga saat ini tidak ditemukan di wilayah Jawa Tengah. Keberadaannya sebagai obat yang diresepkan dokter sudah dilarang sejak 2013 karena kerap disalahgunakan. 

"Efek dari pil itu memang sangat membahayakan jika disalahgunakan. Efeknya bisa menghilangkan nyawa orang," ujarnya.

Untuk itu, Hendadi mengaku tetap akan selalu waspada terhadap peredaran pil tersebut. Dia akan melakukan langkah-langkah antisipasi. Di antaranya, dengan membentuk satgas yang di dalamnya terdapat pokja cegah tangkal. Satgas ini untuk menindaklanjuti Satgas Pemberantasan Obat dan Makanan Ilegal Jateng. 

"Satgas ini terdiri dari lintas sektor. Selain Dinas Kesehatan juga ada POM (Pengawasan Obat dan Makanan) sebagai fungsi penindakan," ungkapnya.

‎Selain itu, upaya antisipasi juga dilakukan Dinas Kesehatan melalui program Promosi Kesehatan (Promkes), dan Program Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)‎. "Kemudian mensosialisasikan bahaya narkoba salah satunya yang terbaru adalah PCC," imbuhnya. 


(ALB)