Disdukcapil Kota Yogyakarta Beli 50 Card Reader untuk KTP-el

Agus Utantoro    •    Jumat, 08 Dec 2017 17:38 WIB
e-ktp
Disdukcapil Kota Yogyakarta Beli 50 <i>Card Reader</i> untuk KTP-el
Seorang petugas menunjukkan alat pembaca Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) -- ANT/Joko Sulistyo

Yogyakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta akan membeli 50 unit card reader untuk membaca Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el). Pembelian alat pembaca KTP-el itu masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018 sebesar Rp500 juta.

Kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi berharap, pembelian card reader KTP-el dapat direalisasikan pada triwulan pertama 2018. Nantinya, 45 card reader akan dibagikan ke seluruh kelurahan di Kota Yogyakarta. Sedangkan, lima alat lainnya diberikan kepada organisasi perangkat daerah yang membutuhkan.

"Card reader merupakan fasilitas yang sangat penting dan harus dimiliki wilayah atau organisasi perangkat daerah untuk mendukung pelayanan publik," kata Sisruwadi di Yogyakarta, Jumat, 8 Desember 2017.

Dengan card reader, lanjut Sisruwadi, petugas bisa membaca data kependudukan yang tersimpan di chip KTP-el. "Dengan demikian, petugas bisa memastikan bahwa data yang tercetak di KTP dengan data yang tersimpan di chip adalah sama dan benar," ujarnya.

Sisruwadi mencontohkan, layanan perizinan membutuhkan card reader untuk memastikan bahwa pemohon adalah pemilik KTP-el dan data yang tersimpan juga benar. Saat ini, baru kecamatan dan beberapa organisasi perangkat daerah yang memiliki card reader.


(NIN)