Dwi Hartanto Adalah Salah Satu Mahasiswa Cerdas IST Akprind

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 10 Oct 2017 17:58 WIB
Dwi Hartanto Adalah Salah Satu Mahasiswa Cerdas IST Akprind
Salinan ijazah Dwi Hartanto -- MTVN/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Dwi Hartanto adalah salah satu mahasiswa Institut Sains dan Teknologi Akademi Perindustrian (IST Akprind) Yogyakarta dengan kemampuan akademik cukup baik. Dari 66 mata kuliah, 55 mendapatkan nilai A dan sisanya B.

"Dwi Hartanto lulusan S1 jurusan teknik informatika," kata Rektor IST Akprind Amir Hamzah di Yogyakarta, Selasa 10 Oktober 2017.

Amir mengatakan, Dwi Hartanto adalah lulusan terbaik pada 2005 dengan indeks prestasi komulatif 3,88 (cum laude). Skripsinya berjudul `Membangun Robot Cerdas Pemadam Api Berbasis Kecerdasan Algoritma ANN`.

"Dari prestasinya itu, dia tak menunjukkan keahlian membohongi," ujar Amir.

(Baca: Rektor IST Akprind Minta Maaf Terkait Kebohongan Dwi Hartanto)

Menurut Amir, civitas akademika IST Akprind sangat terpukul dengan kebohongan alumnusnya itu. Seluruh prestasi kampus seolah tak berarti setelah salah satu alumnusnya terkuak mengarang cerita bohong terkait latar belakang dan prestasinya.

Dwi Hartanto sempat membuat kebohongan dengan mengklaim memiliki kompetensi dan latar belakangnya di bidang teknologi kedirgantaraan atau Aerospace Engineering seperti teknologi roket, satelit dan pesawat tempur. Dwi yang saat ini menempuh S2 di Technische Universiteit (TU) Delft, Belanda, sempar memperoleh penghargaan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag. Namun, penghargaan itu dicabut usai kebohongannya terkuak.

Dwi juga sempat berbohong berkaitan dengan BJ Habibie ingin menemuinya. Bahkan Dwi juga berbohong soal tawaran Pemerintah Belanda mengganti kewarganegaraan dirinya.

(Baca: Dwi Hartanto Berbohong soal Habibie Ingin Bertemu Dirinya)
(NIN)