Puluhan Gending Disiapkan untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby

Pythag Kurniati    •    Jumat, 27 Oct 2017 10:27 WIB
jokowi mantupernikahan kahiyang-bobby
Puluhan Gending Disiapkan untuk Pernikahan Kahiyang-Bobby
Guntur (menggunakan batik coklat paling depan) saat tampil dalam kelompok karawitan. Foto: MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Tim karawitan Insititut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menyiapkan sekitar 40 gending atau lagu untuk dibawakan saat resepsi putri presiden Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Puluhan gending tersebut akan disajikan secara rampai atau medley.

Koordinator Tim Karawitan, Guntur Sulistyono, mengungkapkan, gending-gending disajikan dalam beberapa ‘paket’. Satu paket terdiri lebih dari satu gending.

“Yang kami siapkan banyak. Ada Gending Bondet, Gending Raket, Ladrang Pramodya, Ayak-Ayak dan lain sebagainya,” papar Guntur, Kamis 26 Oktober 2017.

Masing-masing memiliki makna dan filosofi. Gending Raket misalnya, simbol agar kedua pengantin selalu merapat, rukun dan menyatu. “Kalau Gending Bondet itu maknanya bergandengan tangan,” beber dia.

Menurut Guntur, semua gending adalah gending tradisi. Tim karawitan hanya menyusun nada pada saat peralihan dari satu paket gending ke paket gending lainnya.

Dua pekan jelang pernikahan Kahiyang-Bobby, tim karawitan melakukan latihan rutin. Tanggal 8 November 2017 nanti, tim karawitan akan dibagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama bertugas menabuh gamelan Carabalen untuk penyambutan tamu di depan pintu masuk utama Graha Saba Buana. Sedangkan kelompok kedua akan mementaskan karawitan di bagian dalam gedung.

“Kami akan bermain dalam dua sesi resepsi yakni sesi siang dan malam,” tutur dia. Kurang lebih, ada 50 personel pengrawit dari ISI Surakarta yang bakal terlibat dalam perhelatan itu.

 


(SUR)