Libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Arus Balik Lancar, Tol Fungsional Urung Dibuka

Kuntoro Tayubi    •    Minggu, 31 Dec 2017 14:14 WIB
natal dan tahun baru
Arus Balik Lancar, Tol Fungsional Urung Dibuka
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memantau arus balik di Pekalongan, Jawa Tengah. Foto: Medcom.id/Kuntoro Tayubi

Pekalongan: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut arus balik libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 hanya tersisa sekitar 20 persen. Jalan tol fungsional Batang yang semula direncanakan sebagai jalur alternatif, urung dibuka karena tak begitu tingginya arus kendaraan.

Selain itu, jalan tol fungsional batang tidak memungkinkan untuk dipakai. “Setelah tadi saya melihat kondisi jalan tol fungsional Batang, memang tidak memungkinkan untuk dilintasi sebagai jalur alternatif saat arus balik. Jadi, semua kendaraan untuk melintas di jalur pantura,” katanya, saat meninjau arus lalu lintas di Kota Pekalongan, Minggu, 31 Desember 2017.

Dia sudah sudah berkoordinasi dengan Dishub dan jajaran Polres di jalur pantura agar menyiapkan rekayasa lalu lintas apabila ada kemacetan atau kepadatan arus lalu lintas. Baik dengan skema contraflow maupun buka tutup.

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 1 Januari 2018. Ia mengimbau pemudik arah Jakarta kembali pada 2 Januari 2018 untuk menghindari kepadatan, .

“Kalau mau aman saat balik, ya pulang tanggal 2 Januari saja,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan udara maupun darat, saat ini belum terjadi lonjakan arus balik libur panjang. Lalu lintas juga masih terpantau ramai lancar. Wilayah Pekalongan menjadi salah satu satu fokus karena terdapat titik komplikasi kemacetan arus lalu lintas.

 


(SUR)