Warga di Dataran Tinggi Jateng Diminta Waspada Cuaca Buruk

Budi Arista Romadhoni    •    Kamis, 22 Feb 2018 14:48 WIB
cuaca buruk
Warga di Dataran Tinggi Jateng Diminta Waspada Cuaca Buruk
Dok BMKG: Prediksi Curah Hujan BMKG hingga Jumat, 23 Februari 2018.

Semarang: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di dataran tinggi untuk waspada tanah longsor. Sebab, curah hujan diperkirakan tinggi beberapa hari ini.

"Untuk daerah Brebes curah hujan memang sangat tinggi, satu dasar saja terdapat 300 ml air. Tingginya curah hujan tersebut dapat menyebabkan longsor,"  kata Kepala Seksi Data dan Infromasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko di Semarang, Kamis, 22 Februari 2018.

BMKG Stasiun Semarang memprediksi hujan deras hingga sangat deras yang disertai angin dan petir diperkirakan terjadi hingga 23 Februari 2018. "Paling tinggi kalau kita lihat gambar yaitu dari Brebes sampai Batang itu warnanya hijau semua, kemungkinan di situ mangalami hujan paling lebat," kata dia sembari menunjukkan peta persebaran hujan.

Daerah-daerah pegunungan dan perbatasan pegunungan harus mewaspadai cuaca buruk yang masih akan berlangsung hingga besok. Terutama Brebes bagian selatan, Tegal bagian selatan, Banyumas bagian utara dan Banjarnegara bagian utara

Dok BMKG: Prediksi Curah Hujan BMKG hingga Jumat, 23 Februari 2018.

 


(SUR)