Atap SD di Tegal Nyaris Ambruk

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 21 Nov 2017 14:57 WIB
pendidikansekolah rusak
Atap SD di Tegal Nyaris Ambruk
Kondisi ruang kelas di SD Negeri Bongkok 3, Kecamatan Kramat, Tegal, Jawa Tengah -- MTVN/Kuntoro Tayubi

Tegal: Gedung Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, banyak yang kondisinya sangat memprihatinkan. Salah satunya adalah SD Negeri Bongkok 3 di Kecamatan Kramat, Tegal.

Atap di ruang kelas satu dan tiga di SD Negeri Bongkok 3 harus ditopang dengan bambu karena kayunya sudah rapuh dan nyaris ambruk. Kondisi tersebut diakui membahayakan keselamatan siswa dan guru.

"Kami tidak punya pilihan, karena ruang kelas terbatas. Jadi, plafonnya kami sangga dengan bambu," kata Kepala SD Bongkok 3 Rokhilah, Senin, 20 November 2017.

Selain atap, lanjut Rokhilah, dinding kelas juga mengelupas dan kayu jendela kondisinya sudah rapuh. Penyangga teras juga rusak dan harus disambung dengan bambu.

Kelas selalu bocor setiap kali turun hujan, sehingga mengganggu kegiatan belajar mengajar. "Kalau hujan deras, kelas jadi becek. Hampir semua atap yang menggunakan asbes sudah rusak," lanjut Rokhilah.

Anggota DPRD Kabupaten Tegal Bahrun mengaku sudah meninjau langsung kondisi SD Negeri Bongkok 3. Ia mendapati hampir semua ruangan kelas sudah rusak dan tidak layak.

"Ini harus segera dituntaskan," tegas Bahrun yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal.


(NIN)