Daerah Terbentur SDM dan Alat untuk Distribusi KTP-el

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 24 Oct 2017 17:55 WIB
pelayanan e-ktpe-ktp
Daerah Terbentur SDM dan Alat untuk Distribusi KTP-el
Sejumlah pegawai Disdukcapil Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, tengah melakukan perekaman KTP-el milik warga. Foto: MTVN/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: 165 ribu dari 1,04 juta warga Kabupaten Tegal masih belum menerima KTP elektronik. Permintaan tinggi tak diimbangi jumlah blangko tak tersedia.

Tidak hanya soal blangko yang terbatas. Pemerintah di daerah terpaksa menjatah perekaman KTP-el yang dilakukan tiap hari karena keterbatasan sumber daya manusia dan alat.

"Terpaksa kita batasi per hari 500-600 ‎orang saja menyesuaikan tenaga dan alat,"  kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal, Salu Panggalo, Selasa, 24 Oktober 2017.

Pelayanan perekaman akan tetap berjalan hingga seluruh wajib KTP-el selesai didata. Sembari pelayanan berjalan, Disdukcapil akan menunggu tambahan blangko lagi dari pemerintah pusat.

"Kami belum tahu kapan ada tambahan blangko lagi karena itu kewenangan pusat. Yang jelas pelayanan perekaman data tetap berjalan sampai program ini tuntas," imbuhnya.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tegal Agus Salim meminta warga yang belum melakukan perekaman data KTP-el agar segera ke Disdukcapil. Hal ini mengingat pemilihan umum (Pemilu) akan ikut dihelat di Kabupaten Tegal.

"Jangan sampai hak suaranya hilang karena belum memiliki kartu kependudukan," ujarnya.


(SUR)