Desain Baru Gelang Haji, Lebih Aman untuk Jemaah

Pythag Kurniati    •    Selasa, 23 Aug 2016 10:43 WIB
haji 2016
Desain Baru Gelang Haji, Lebih Aman untuk Jemaah
Desain baru gelang haji dengan lubang pengait dinilai lebih aman untuk jemaah calon haji. (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Boyolali: Gelang haji menjadi atribut penting yang harus dikenakan jemaah saat menunaikan rukun Islam kelima di Tanah Suci. Gelang ini menjadi salah satu identitas calon haji, selain berkas keimigrasian.

Gelang ini berisi kode embarkasi, kloter, nomor paspor, hingga tahun keberangkatan calon jemaah. Gelang digunakan sebagai antisipasi kecelakaan fatal. Itu sebabnya, gelang ini didesain tidak meleleh meski terbakar.

Karyawan pembuat gelang haji dari CV. Putra Amaras Sejati, Nur Rohim, mengatakan, desain gelang haji berkembang sesuai kebutuhan. “Tahun ini kami buat beberapa lubang di bagian tepi gelang serta dilengkapi karet,” kata Nur saat ditemui di tempat pembuatan gelang haji, Gedung Makkah lantai dua Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (23/08/2016).

Desain baru tersebut dibuat untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jemaah. “Biasanya masih ada yang mengeluh lepas. Tapi setelah kita buat lubang semacam kancing kalau pada pakaian, kemudian dilapisi karet tidak akan lepas dalam kondisi apapun,” kata dia.

Gelang haji berdiameter 20 sentimeter dengan lebar 1,2 sentimeter. Terbuat dari bahan stainless steel 304 2B. 

Lima orang tenaga kerja asal Jepara setiap hari memproduksi gelang haji bagi jemaah calon haji Jawa Tengah dan DIY di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah.

“Dalam satu hari kami bisa buatkan untuk tiga kloter, jumlahnya sekitar seribuan gelang sehari,” pungkas Nur.


(SAN)