Disangsikan Investor, Ganjar Yakin SDM SMK Berkualitas

Pythag Kurniati    •    Kamis, 15 Sep 2016 09:40 WIB
pendidikan
Disangsikan Investor, Ganjar Yakin SDM SMK Berkualitas
Ilustrasi siswa SMA-SMK-sederajat, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Solo: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjamin sumber daya manusia (SDM) di Indonesia dan Jateng mampu bersaing. Ganjar pun tak terima bila investor menyepelekan SDM di Indonesia dan Jateng.

"Mereka sangsi, apa iya SDM di Indonesia bisa menghasilkan sesuatu," kata Ganjar saat membuka Lomba Kompetensi Siswa SMK se-Jateng di Solo, Rabu (14/9/2016) malam.

Namun, Ganjar optimistis setelah memantau mengatakan kualitas SDM di Jateng. Termasuk kualitas siswa dan alumni SMK.

"Mulai dari jurusan elektronika, mesin, boga, desain grafis dan masih banyak lagi," papar Ganjar.

Gubernur berharap lulusan SMK tak asal mencari pekerjaan. Tapi mereka dapat bekerja sesuai dengan kompetensi. Lantaran itu, mereka harus mendapat pelatihan mengenai kemandirian dan menjadi generasi yang tak cengeng.

Gubernur menyampaikan pesan tersebut di depan 1.500 peserta lomba kompetensi. Peserta berasal dari seluruh kabupaten dan kota di Jateng.

Lomba mempertandingkan 50 mata pelajaran dan eksibisi. Kegiatan berlangsung mulai 14 hingga 17 September di Balai Kota Solo.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Nurhadi Amiyanto mengatakan pemenang lomba kompetensi siswa SMK akan diajukan mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional pada awal 2017. 

"Harapannya kompetensi siswa SMK semakin baik dan penilaian masyarakat terhadap SMK semakin positif," tutup dia.


(RRN)