Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur-ubur di Pantai Selatan

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 19 Jun 2018 23:16 WIB
wisata
Puluhan Wisatawan Tersengat Ubur-ubur di Pantai Selatan
Petugas SAR mengobati wisatawan usai tersengat ubur-ubur di Pantai Baron, Gunungkidul, Medcom.id - Mustaqim

Gunungkidul: Puluhan wisatawan di Pantai Selatan Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, disengat ubur-ubur. Sejumlah orang juga sempat terseret arus ombak pantai selatan itu. 

Koordinator SAR Korwil II Gunungkidul, Marjono, menjelaskan ada sebanyak 27 wisatawan yang tersengat ubur-ubur saat bermain air di pantai. Wisatawan tersengat ubur-ubur itu berada di sejumlah obyek wisata pantai di Gunungkidul. 

"Ada beberapa, seperti di Pantai Drini, Krakal, dan Pantai Sepanjang," kata Marjono saat dihubungi lewat sambungan telepon. 

Dominasi kunjungan wisatawan di Gunungkidul memang berada di pantai. Data Dinas Pariwisata setempat, sekitar 60 ribu dari 118 ribu wisatawan di antaranya berkunjung ke pantai. 

Marjono menjelaskan, hampir di semua pantai di wilayah Gunungkidul disinggahi ubur-ubur. Kecuali, Pantai Baron yang terdapat air tawar. 

Menurut dia, tubuh ubur-ubur yang terombang-ambing di air bisa menyebabkan gatal-gatal, bahkan bisa menyebabkan sesak nafas bagi yang memiliki daya tahan tubuh lemah. "Korbannya banyak, dari anak-anak sampai dewasa ada. Beberapa ada yang dibawa ke puskesmas," ungkapnya. 

Ia berharap wisatawan lebih berhati-hati. Termasuk orang dewasa harus bisa mengawasi anak-anak yang sedang bermain air di pantai. Marjono menyebut ubur-ubur tergolong hewan yang menarik perhatian anak-anak lantaran berwarna biru. 

"Sebisa mungkin jika ada ubur-ubur dihindari. Semoga persediaan obat kami cukup untuk antisipasi," katanya. 

Tak hanya ubur-ubur, ada sekitar la wisatawan yang terseret ombak pantai selatan Gunungkidul. Lima wisatawan itu saat berwisata di pantai Indrayanti, Kukup, dan Sepanjang. Beruntung, lima wisatawan itu terselamatkan. 


(RRN)