Sehari setelah Terbakar, Api Hanguskan 4 Kapal di Pati Padam

Rhobi Shani    •    Jumat, 10 Aug 2018 18:46 WIB
kebakaran
Sehari setelah Terbakar, Api Hanguskan 4 Kapal di Pati Padam
Kapal yang terbakar di dermaga di Sungai Silugonggo Juwana Kabupaten Pati, Kamis, 9 Agustus 2018, dok istimewa

Pati: Kebakaran menghanguskan empat kapal yang bersandar di dermaga Sungai Silugonggo Juwana Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis petang, 9 Agustus 2018. Api baru bisa dipadamkan pada Jumat, 10 Agustus 2018.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo menyampaikan empat kapal yang terbakar yaitu KM Dua Putra Perkasa 5, KM Dua Putra Perkasa 6, KM Dua Putra Utama, dan kapal cantrang. Kerugian atas peristiwa ini ditaksir mencapai Rp 22 miliar.

“Api benar-benar padam baru pada siang ini,” ujar Sanusi, Jumat, 10 Agustus 2018.

Sanusi menceritakan, peristiwa bermula dari sisa pengelasan pada salah satu kapal. Sebelum kebakaran terdapat aktivitas perbaikan di KM Dua Putra Perkasa 5. Perbaikan berupa pengelasan di sejumlah bagian kapal selesai pada pukul 16.00 WIB. Setelah itu tiba-tiba api berkobar, diduga dari sisa pengelasan.

“Tahu ada api berkobar, akhrinya nahkoda kapal Suparman menuju lokasi kebakaran untuk memindahkan kapal di sekitarnya agar tidak ikut terbakar,” kata Sanusi.

Diungkapkan Sanusi, upaya pemdaman yang dilakukan sulit. Sebab kencangnya angin yang berembus membuat api cepat merambat ke kapal lain. Selain itu, terdapat dua kapal yang masih menyimpan bahan bakar jenis solar. Yaitu, KM Dua Putra dan KM Dua Putra Perkasa 6.

“Jumlah solar di dua kapal itu 55 ton. Satu kapal 15 ton dan kapal satunya 40 ton,” beber Sanusi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja kerugian materi akibat hangusnya empat kapal ditaksir mencapai Rp 22 miliar.


(RRN)