Warga Gunungkidul Selamatkan Kucing Hutan dari Pemburu

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 19 Oct 2015 23:23 WIB
binatang langkasatwa langka
Warga Gunungkidul Selamatkan Kucing Hutan dari Pemburu
Suroso, menunjukkan kucing hutan yang ia selamatkan. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Seorang warga Desa Karangrejek, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Suroso, 43, menyelamatkan dua ekor kucing hutan. Suroso mengaku memperoleh hewan dengan sebutan 'macan cecep felis bengalensis' itu pada medio Agustus lalu.

"Saya mendapatkan saat masih anakan dari tangan pemburu yang kebetulan lewat," kata Suroso (19/10/2015).

Baca: Pamer Buruan Kucing Hutan, Ida Malah Diperiksa Polisi

Suroso menjelaskan, saat baru mendapatkan dari pemburu, dua ekor kucing tersebut masih hidup. Namun, induk dari hewan itu justru tewas ditembak.

Ia mengaku tak sampai hati melepasliarkan hewan itu dalam kondisi tak bisa mencari makan sendiri. "Takut malah mati karena masih kecil karena belum bisa mencari makan sendiri," ujarnya.

Selama merawat kucing hutan itu, Suroso tak memberi makan daging mentah. Ia lebih memilih memberi makanan kepala ayam atau hati ampela yang sudah masak. "Takut jadi buas. Terus, kalau pagi dan sore biasanya saya lepas di pekarangan rumah," kata dia.

Suroso mengaku akan menyerahkan hewan itu kepada pemerintah. Namun, ia akan lebih dulu mengurus dokumen jika memang diperlukan. "Biar nanti tak dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab,” katanya.


(UWA)