Sering Banjir, Lokasi UAS SMP 3 Saptosari akan Dipindah

Ahmad Mustaqim    •    Rabu, 30 Nov 2016 16:45 WIB
banjir
Sering Banjir, Lokasi UAS SMP 3 Saptosari akan Dipindah
Genangan air di SMP 3 Saptosari. Foto: Metrotvnews.com/Dok SMP 3 Saptosari.

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Siswa SMP 3 Saptosari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta terpaksa libur pada Rabu, 30 November. Sebab, gedung sekolah terendam air.

Kepala SMP 3 Saptosari, Agus Supardiyo mengatakan tergenangnya sekolah diakibatkan derasnya hujan yang kemarin turun. "Senin itu sudah muncul genangan, tapi Selasa siang genangan mulai hilang," kata Agus melalui sambungan telepon.

Ia tak menduga jika sekolah kembali tergenang sehari berselang. Genangan tersebut meliputi halaman sekolah dan masuk ke ruang kelas. Bahkan, ketinggian air di halaman sekolah mencapai selutut orang dewasa.

Menurut Agus, banjir tak lepas dari posisi sekolah yang berada di daerah cekungan. Akibatnya, saban hujan intensitas tinggi sekolah tersebut berada di bawah ancaman genangan air.

"Banjir di sekolah ini bukan pertama kali. Selama 2016 sekolah sudah pernah tergenang banjir dua kali," ujar Agus.

Pelaksanaan ujian akhir sekolah (UAS) yang bakal digelar Kamis, (1/12/2012), bakal terancam. Sebagai langkah alternatif, kata Agus, pihak sekolah akan memindahkan lokasi pelaksanaan UAS ke balaidesa atau wilayah lebih tinggi.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul, Bahron Rosyid mengaku masih melakukan pengkajian pemindahan lokasi sekolah. Ia mengatakan masih berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Pekerjaan Umum.


(SAN)