62 Desa di Kendal Gelar Pilkades Serentak

Iswahyudi    •    Senin, 17 Oct 2016 18:13 WIB
pemda
62 Desa di Kendal Gelar Pilkades Serentak
Penghitungan suara Pilkades Tambakrejo, Patebon, Kendal, Jateng, Senin (17/10/2016). (Metrotvnews.com/Iswahyudi)

Metrotvnews.com, Kendal: Sebanyak 62 desa di 19 kecamatan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar pemilihan kepala desa serentak, Senin, 17 Oktober. Beberapa pasangan calon mengupayakan sejumlah trik untuk menarik dukungan.

Pantauan Metrotvnews.com di Desa Kumpulrejo, Kecamatan Patebon, menemukan pembagian kupon kepada para pemilih. Yang beruntung akan mendapat hadiah sepeda motor dari kepala desa terpilih.

Panitia Pilkades Kabupaten Kendal, Muhtadi, menyebut temuan itu belum bisa dikategorikan politik uang. Sebab, hadiah itu bersifat undian. 

Dia mengatakan dari 62 desa, terdapat 9 desa yang dianggap rawan kerusuhan. Yakni, Desa Penjalin, Kecamatan Brangsong; Pesaren dan Genting dan Gunung, Kecamatan Sukorejo; Kali Bareng dan Patean, Kecamatan Boja; Margorejo, Kecamatan Cepiring; Ngrejo, Kecamatan Ringinarum; dan Desa Cacaban, Kecamatan Singorojo.

Hingga berita ini disusun, Muhtadi mengaku belum menerima laporan kecurangan dan perselisihan. Termasuk perolehan suara masing-masing calon di tiap desa. "Nanti kalau sudah, kami sampaikan ke publik melalui website," kata dia.


(SAN)