KM Mulya Sempat Tabrakan Sebelum Dihantam MV Thaison di Tuban

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 23 Nov 2016 12:57 WIB
kecelakaan kapal
KM Mulya Sempat Tabrakan Sebelum Dihantam MV Thaison di Tuban
Jenazah ABK KM Mulya Jati tiba di kampung halamannya, Desa Denasri Wetan, Batang, Jateng. (Metrotvnws.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Batang: Jenazah Suwarno dan Darmanto tiba di kampung halaman, Desa Denasri Wetan, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, semalam. Keduanya merupakan anak buah kapal KM Mulya Jati yang tertabrak kapal barang M-V Thaison di perairan Tuban, Jawa Timur.

Isak tangis keluarga dan kerabat pun pecah saat ambulans RSUD Dr. R. Kusuma, Tuban, bernopol S 8147 EP tiba. Bahkan, istri Suwarno pingsan, karena tidak kuasa menahan kesedihan.

Baca: Dua Jasad Korban Tabrakan Kapal Teridentifikasi

Adik ipar Suwarno, Ahmad Furozi mengaku mendapat informasi kapal yang ditumpangi Suwarno mengalami kecelakaan. "Sebelum sampai di perairan Tuban, kapalnya sempat ditabrak kapal lain. Tapi bisa berangkat lagi," katanya usai pemakaman, Rabu (22/11/2016).

Namun, pada Minggu (20/11/2016) dia mendapat kabar kapal yang ditumpangi kakak iparnya kecelakaan lagi. Kabar itu juga menyebut jenazah kakaknya ditemukan.

Ahmad, keluarga sangat sedih atas kepergian tulang punggung keluarga. Namun, ia juga bersyukur karena jenazah bisa ditemukan dan bisa dimakamkan dengan semestinya.

"Kakak saya itu tulang punggung keluarga. Dia sudah sering melaut, karena itulah mata pencahariannya," tambahnya. Jenazah Suwarno dimakamkan di TPU desa.

Ketua RT 06/02, Muaral, menyampaikan selain Suwarno, jenazah Darmanto juga sudah ditemukan dan langsung dimakamkan malam itu juga.

Baca: Ditemukan Alat Tangkap Ikan Diduga Milik Kapal Tabrakan

"Dari desa kami semuanya berjumlah empat orang, yang baru ditemukan 2 orang dan 2 orang lainnya masih hilang. Jenazah langsung kami makamkan," paparnya.

Lima warga Batang diketahui menjadi ABK KM Mulya Jati. Dua jenazah telah teridentifikasi atas nama Darmanto dan Suwarno. Sedangkan tiga jenazah lainnya atas nama Anto, Wandi, dan Cahyono, hingga kini belum ditemukan.

KM Mulya Jati tertabrak MV Thaison di perairan Tuban, Jatim, pada Sabtu, (19/11/2016), pukul 04.00 WIB. Ada 27 orang di KM Mulya, 12 di antaranya bisa menyelamatkan diri.

Tim Basarnas yang menyisir lokasi baru menemukan tiga jenazah. Sementara, 12 ABK lainnya masih dalam pencarian.


(SAN)