Keluarga Penerima PKH di Yogyakarta Bertambah 29 Ribu

Patricia Vicka    •    Rabu, 23 Aug 2017 18:51 WIB
bansos
Keluarga Penerima PKH di Yogyakarta Bertambah 29 Ribu
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Keluarga penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Daerah Istimewa Yogyakarta akan ditingkatkan pada 2018. Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menjelaskan akan ada 29 ribu tambahan keluarga penerimah PKH di Provinsi DIY.

Dari jumlah tersebut, Kabupaten Bantul menjadi wilayah terbanyak yang akan mendapatkan tambahan PKH. "Kira-kira akan bertambah 10.600 penerima baru dan 76 pendamping baru di tahun 2018. Memang Bantul paling tinggi yang dapat PKH," kata Khofifah usai membagi bantuan sosial  nontunai PKH di Sleman, Yogyakarta, Rabu, 23 Agustus 2017.

Khofifah membantah penambahan terjadi karena makin banyaknya warga miskin di wilayah DIY. Penambahan dilakukan karena masih banyak warga miskin yang belum tersentuh bantuan sosial PKH. 

Selain itu, target keluarga penerima PKH di seluruh Indonesia tahun 2018 juga bertambah menjadi sebanyak empat juta KK. Tahun ini keluarga penerima PKH berjumlah enam juta orang. Tahun 2018 ditargetkan menjadi 10 juta orang.
 
Penambahan PKM PKH tersebut adalah wujud komitmen pemerintah. Agar setiap warga negara mendapatkan perlindungan sosial yang layak. Setiap tahun Kemensos selalu menambah jumlah penerima PKH.

"Awal saya di Kemensos penerima PKH baru 2,7 juta. Kemudian bertambah menjadi 3,5 juta, tahun 2017 bertambah lagi menjadi enam juta. Tahun 2018 bertambah lagi menjadi 10 juta," tuturnya.

Berdasarkan data Kemensos, ada 40 persen warga Indonesia yang berhak menerima PKH.  Namun tahun ini baru 11 persen warga miskin yang mendapatkan. Tahun depan, Kemensos menargetkan penambahan menjadi 15,6 persen.


(SAN)