Penjual di Yogya Gratiskan 72 Cangkir Kopi

Ahmad Mustaqim    •    Kamis, 17 Aug 2017 12:13 WIB
hut ri
Penjual di Yogya Gratiskan 72 Cangkir Kopi
72 cup kopi gratis di HUT ke 72 RI. (Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim)

Metrotvnews.com, Sleman: Hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia dirayakan hampir berbagai lapisan masyarakat. Tak terkecuali bagi pedagang kopi di Yogyakarta. 

Salah satunya, pedagang kopi di kawasan Mrican, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, "Kopilot" memberikan kopi secara gratis kepada warga yang melintas di jalan tempat berjualan. Mereka membuka lapak tepat di pinggir jalan di sebelah Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta. 

"Kami memberikan kopi dengan cuma-cuma bagi masyarakat yang melintas. Sesuai jumlah tahun Indonesia merdeka, kami memberikan 72 cups kopi secara gratis," kata seorang bartender, Rio, kepada Metrotvnews.com pada Kamis, 17 Agustus 2017. 

Rio mengatakan membagikan kopi gratis yang dilakukan sekaligus mengenalkan ke masyarakat beragam jenis kopi Indonesia. Beberapa jenis kopi yang dibagikan yakni kopi Tolu (Batak), Lintong (Sumatera Utara), dan Gayo (Aceh). 

"Ini agar masyarakat bisa menikmati kopi nusantara tanpa harus bayar di hari kemerdekaan," katanya. 

Yosep, rekan Rio, mengungkapkan pembagian kopi gratis bertujuan supaya masyarakat senantiasa mengapresiasi kopi asli Indonesia. Menurutnya, sebagian besar kopi asal Indonesia berkualitas satu justru diekspor. 

"Malah masyarakat hanya bisa menikmati kopi kelas dua. Apresiasi masyarakat untuk kopi-kopi di Indonesia ini sangat penting," ujar pedagang kopi yang telah berjualan tiga tahun ini. 


(SAN)