Revitalisasi Malioboro Rampung Sebelum Akhir Tahun

Patricia Vicka    •    Senin, 14 Nov 2016 16:04 WIB
tata kota
Revitalisasi Malioboro Rampung Sebelum Akhir Tahun
Sisi timur Jalan Malioboro Yogyakarta dalam proses revitalisasi. (Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Penyelesaian proyek revitalisasi Malioboro tengah dikebut. Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan proyek ini rampung sebelum liburan akhir tahun 2016.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral (DPUP-ESDM), Muhammad Mansur menjelaskan pihaknya sudah memberitahu kontraktor pengerjaan revitalisasi untuk menyelesaikan sebelum liburan Natal dan Tahun Baru. 

"Optimistis target sebelum Natal sudah selesai tahap satu dan duanya. Jadi nanti waktu liburan, jalan Malioboro sisi timur sudah bersih dari material. Wisatawan bisa jalan dengan santai dan nyaman," ujar di Yogyakarta, Senin (14/11/2016). 

Baca: Revitalisasi Pedestrian Malioboro Memasuki Tahap Akhir

Hingga kini pengerjaan revitalisasi tahap pertama sudah rampung 80 persen. Sementara proyek tahap kedua sudah selesai sekitar 70 persen.  Mansyur menambahkan usai Malioboro rampung, Pemda akan segera melanjutkan revitalisasi ke kawasan Titik Nol Kilometer menuju Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. 

"Kalau ini (Malioboro) sudah rampung, 2017 kita lanjutkan revitalisasi dari Timur Beringharjo hingga ke Titik Nol. Bahkan kalau bisa sampai Jalan Pangarukan yang ada di utara Alun-alun Lor Keraton Yogyakarta," jelasnya.

Project Manager PT Suci Karya Badinusa selaku kontraktor revitalisasi Pedestrian Malioboro, Ery Purnama mengatakan pengerjaan revitalisasi Malioboro tinggal memasangkan furnitur seperti tong sampah, bangku taman, dan pergola.

Pohon-pohon rindang juga akan dipasangkan di tempat yang sudah disediakan. PIhaknya menargetkan seluruh pengerjaan akan rampung awal Desember 2016.

"Bangku taman yang akan dipasang berjumlah sekitar 160 buah yang terbuat dari kayu jati. Pohon ada 48 buah yang kita tanam. Sementara masih pohon pendek dulu yang tingginya sekitar 4 meteran," tuturnya. 

Baca: Akan Ada Keran Air Siap Minum di Malioboro

Proyek Revitalisasi sisi Timur jalan Malioboro di mulai dari depan Hotel Ina Garuda hingga pasar Beringharjo. Proyek ini terbagi menjadi dua bagian. Tahap pertama dimulai dari depan Hotel Ina Garuda hingga Hotel Mutiara dengan panjang 537 meter. Nilai kontrak termasuk PPN, Rp13,9 miliar.

Sedangkan untuk pengerjaan tahap II dimulai dari Hotel Mutiara hingga Pasar Beringharjo yang memiliki panjang sekitar 300 meter dengan nilai kontrak Rp9,7 miliar.


(SAN)