Masuk Solo, Grab Gandeng Taksi Konvensional

Pythag Kurniati    •    Sabtu, 18 Mar 2017 15:11 WIB
taksi online
Masuk Solo, Grab Gandeng Taksi Konvensional
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Solo: Salah satu perusahaan angkutan umum, PT. Sekar Gelora Taksi mulai menjajaki kerja sama dengan perusahaan transportasi berbasis online, Grab. Menanggapi hal tersebut, pemerintah memberi lampu hijau.

"Asal kerja sama dengan taksi pelat kuning dan resmi, silakan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan Kota Solo Taufiq Muhammad, Sabtu, 18 Maret 2017.

Taufiq mengungkapkan, dari enam perusahaan taksi di Kota Solo, dua diantaranya tertarik menjajaki kerja sama dengan Grab. “Selain Gelora Taksi, ada juga Kosti,” ujar Taufik.

Pemerintah, lanjut dia, meminta dilibatkan dalam penyusunan legal formal atau surat berkekuatan hukum mengenai kerja sama Grab dengan taksi konvensional. “Grab sudah komitmen hanya masuk di perusahaan angkutan umum. Kita juga akan awasi. Jangan sampai kerja sama dengan pelat hitam,” papar dia.

Sementara itu, salah seorang sopir Gelora Taksi, Slamet Rosyidi memaparkan, telah melakukan uji coba dengan aplikasi Grab. “Sebelumnya kami memang sudah gunakan aplikasi G-Line jadi tidak terlalu kesulitan. Namun memang masih menyesuaikan,” katanya.

Slamet mengatakan, penggunaan aplikasi Grab cukup signifikan mendongkrak order. “Biasanya sehari hanya 10 order. Namun sekali uji coba memakai Grab, baru pukul 7 pagi, ada teman yang bisa dapat 6 hingga 7 orderan,” paparnya.

Kebanyakan pengguna Grab dalam uji coba, berasal dari luar Kota Solo. “Banyak yang tamu hotel atau baru datang dari stasiun,” urainya. Jika kerja sama dengan Grab direstui oleh pemerintah, ia berharap, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan maksimal dalam hal transportasi.


(ALB)