Pengemudi Becak Pengantar Tamu Kahiyang Jalani Tes Kesehatan

Pythag Kurniati    •    Rabu, 01 Nov 2017 11:56 WIB
pernikahan kahiyang-bobby
Pengemudi Becak Pengantar Tamu Kahiyang Jalani Tes Kesehatan
Tenaga medis Dinas Kesehatan Surakarta memeriksa kesehatan tukang becak yang akan terlibat dalam acara pernikahan putri Presiden Jokowi, Rabu 1 November 2017, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Pengemudi becak menjalani tes kesehatan di Kantor Dinas Perhubungan Kota Surakarta, Jawa Tengah. Nantinya, para pengemudi bakal terlibat dalam pesta pernikahan putri Presiden Joko Widodo. Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Puluhan pengemudi mendatangi Kantor Dinas Perhubungan di Jalan Menteri Supeno, sekitar pukul 08.00 WIB, Rabu 1 November 2017. Mereka mengantre untuk menjalani pengecekan kesehatan.

"Rencananya, para pengemudi terlibat untuk menghantar tamu ke lokasi pernikahan putri Presiden," ujar Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Surakarta, Setyowati.

Petugas kesehatan melakukan pengecekan terhadap tekanan darah dan kondisi gula darah pengemudi. Tiga dokter dan beberapa tenaga medis terlibat dalam kegiatan itu.

Pengemudi becak yang tak memenuhi syarat akan mendapat pengobatan. Menjelang hari pelaksanaan acara, mereka kembali melakukan tes kesehatan.

Hartono, 56, bersuka cita terlibat dalam acara besar keluarga Presiden. Ia mengaku mendapat kesempatan untuk mengantar tamu-tamu acara.

"Iya saya ikut menghantar tamu-tamu Presiden pada 8 November 2017," ujar Hartono.

Hartono menjelaskan sebanyak 50 pengemudi becak terlibat. Jumlah itu lebih sedikit ketimbang jumlah pengemudi becak di acara pernikahan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Dua tahun lalu, Gibran-Selvi Ananda menggelar pesta pernikahan di Surakarta. Sebanyak 200 pengemudi becak terlibat untuk mengantarkan tamu.

Kepala Dinas Perhubungan Hari Prihatno mengatakan pengemudi becak yang terlibat dalam pernikahan anak kedua Presiden tersebut. Pengemudi becak parkir di Lapangan Banyuanyar dan Lapangan Sumber.

"Dari area itu, pengemudi becak mengantar tamu ke lokasi acara," ujar Hari.

Hari memastikan, hanya pengemudi becak yang kesehatannya memenuhi syarat yang diperbolehkan mengantar tamu-tamu. "Oleh karenanya kita lakukan pengecekan kesehatan," kata dia.



(RRN)