Rumah Janda di Pati Roboh Disapu Puting Beliung

Rhobi Shani    •    Jumat, 10 Nov 2017 11:12 WIB
cuaca ekstrem
Rumah Janda di Pati Roboh Disapu Puting Beliung
Rumah Roboh diterjang puting beliung di Pati, Jawa Tengah. Foto: MTVN/Rhobi Shani

Pati: Angin puting beliung menyapu Desa Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Kamis malam, 9 November 2017. Rumah milik seorang janda, Suminah, rata dengan tanah. Beruntung Suminah beserta cucunya sempat menyelamatkan diri.

Kepala Desa Kayen Marno mengungkap, desa dilanda hujan deras sejak sore sebelum diterjang angin puting beliung. Angin puting beliung berlangsung singkat.

 “Terjadinya sebentar. Begitu ada angin besar rumah langsung roboh,” kata Marno, Jumat 10 November 2017.

Marno bilang, kondisi rumah Suminah memang sudah rapuh. Rumah berukuran tidak lebih dari 40 meter persegi itu berdinding kayu. Saat ini kondisi rumah rusak tak bisa dihuni. Suminah dan cucunya terpaksa mengungsi.

“Korban bersama cucunya sekarang mengungsi ke tetangga karena rumahnya rata dengan tanah,” kata Sumarno.

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo menyampaikan, korban akan segera mendapatkan bantuan renovasi rumah. Sementara, puing-puing sisa reruntuhan sudah dibersihkan.

“Pihak desa sudah kami minta untuk mengurus segala sesuatunya untuk mendapatkan bantuan,” ungkap Sanusi.

Mengingat hujan mulai mengguyur Bumi Mina Tani, Sanusi menambahkan, BPBD tengah berkoordinasi dengan pihat berkait untuk mengantisipasi tingginya curah hujan. Utamanya penataan saluran air dan jembatan.

“Beberapa drainase dan jembatan masih dalam perbaikan. Harapannya, Desember sudah selesai semua. Seperti jembatan Kalidoro yang setiap hujan banyak sampah menumpuk disana,” pungkas Sanusi.


(SUR)