Penghulu Pernikahan Kahiyang-Bobby Mengaku Grogi

Pythag Kurniati    •    Selasa, 07 Nov 2017 17:46 WIB
jokowi mantupernikahan kahiyang-bobby
Penghulu Pernikahan Kahiyang-Bobby Mengaku Grogi
Basir, penghulu yang bertugas menikahkan Kahiyang Ayu dan Muhammad Afif Bobby Nasution -- MTVN/Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Solo: Penghulu yang bertugas menikahkan Kahiyang Ayu dan Muhammad Afif Bobby Nasution mengaku grogi. Pasalnya, ini kali pertama bagi Basir bertatap langsung dengan Presiden Joko Widodo dan keluarganya.

"Ini kan acaranya RI 1," kata Basir yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari saat gladi bersih di Graha Saba Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Selasa 7 November 2017.

Menurut Basir, dirinya telah melakukan persiapan untuk bertugas besok. Ia mengatakan, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan saat menjadi penghulu besok, salah satunya terkait penyebutan nama Presiden.

"Protokoler menginginkan tidak perlu menyebut Pak Jokowi sebagai Presiden, cukup Ir. H. Joko Widodo," katanya.

Basir menuturkan, akad nikah akan diawali pembacaan ayat suci Alquran. Kemudian, dilanjutkan penyerahan mahar, khotbah nikah, dan ijab kabul. Acara diakhiri dengan pembacaan sighat ta'lik atau perjanjian yang diucapkan suami atas kondisi tertentu.

Calon mempelai pria dan wanita akan menuju Gedung Graha Saba Buana sebagai tempat akad nikah dengan menumpang kereta kuda. Bobby dan keluarga berangkat dari Hotal Alila. Sedangkan, Kahiyang dari kediaman Jokowi di Sumber.

Usai akad nikah, acara dilanjutkan dengan resepsi yang dibagi menjadi dua sesi, yaitu siang dan malam.

 


(NIN)