Tiga Kabupaten/Kota di Jateng Belum Punya Rumah Pintar Pemilu

Pythag Kurniati    •    Jumat, 15 Dec 2017 16:13 WIB
kpupemilu serentak 2019
Tiga Kabupaten/Kota di Jateng Belum Punya Rumah Pintar Pemilu
Anggota KPU Jateng Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Diana Ariyanti -- medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Rumah Pintar Pemilu (RPP) dinilai penting sebagai media pembelajaran demokrasi bagi masyarakat. Apalagi, Jawa Tengah akan menggelar pemilihan gubernur (pilgub) pada 2018.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), saat ini telah ada RPP di 32 kabupaten/kota di Jateng. "Tinggal tiga kabupaten/kota di Jateng belum memiliki RPP," kata anggota KPU Jateng Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Diana Ariyanti di Solo, Kamis, 14 Desember 2017.

Tiga kabupaten/kota yang belum memiliki RPP, yaitu Kendal, Banjarnegara, dan Purbalingga. Padahal, RPP telah dibentuk di Jateng sejak Juni 2016.

Diana mengakui, kemampuan sarana prasara tiap kabupaten dan kota berbeda-beda. Bahkan, ada RPP yang belum memilki gedung sendiri.

"Ada yang masih pinjam pakai. Itu salah satu kendala daerah yang belum memiliki RPP," imbuh dia.

Namun, lanjut Diana, hal tersebut tidak mempengaruhi pelayanan KPU kabupaten/kota memberikan pendidikan demokrasi bagi masyarakat. "Saya kira pelayanan sosialisasi ke stakeholder tetap bisa dilakukan dengan cara lain," bebernya.

Salah satunya, dengan memaksimalkan fungsi Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) di kabupaten/kota masing-masing. Masyarakat masih bisa mengakses informasi melalui PPID atau website.

Setiap daerah juga diminta gencar menyosialisasikan literasi demokrasi pada pengguna media sosial. "Sebab, 70 persen masyarakat Indonesia adalah pengguna medsos," pungkas Diana.


(NIN)