Penjual Bahan Bangunan Nyambi Jualan Minol

Rhobi Shani    •    Kamis, 14 Dec 2017 10:48 WIB
minuman beralkohol
Penjual Bahan Bangunan <i>Nyambi</i> Jualan Minol
Penggerebekan rumah Sugito, pengoplos minuman beralkohol

Jepara: Jelang Natal dan Tahun Baru, jajaran Polres Jepara, Jawa Tengah, gencar merazia penjual dan pengoplos minuman beralkohol (minol). Tak hanya menyasar penjual dan pengoplos di wilayah kota, tapi juga hingga pelosok-pelosok desa.

Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Jepara berhasil menangkap penjual miras oplosan bernama Sugito warga Desa Ngabul, Kecamatan Tahunan itu. Dia pemain lama dalam bisnis jual beli minol.

Penangkapan Sugito dipimpin langsung Kasatreskrim AKP Suharta bersama Kasatnarkoba AKP Hendro Asriyanto pada, Rabu petang, 13 Desember 2017. Saat ditangkap di rumahnya, Sugito baru saja selesai membungkus puluhan minol oplosan dalam kemasan plastik bening siap edar.

Sugito mengaku baru saja memulai bisnisnya itu setelah lama tidak berjualan minol. Dia mengaku mendapatkan pasokan alkohol jenis ciu dari Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan. Satu jeriken ciu dibeli seharga Rp400 ribu.

“Lalu saya oplos dengan campuran-campuran minuman ringan dan madu. Saya buat dua rasa, biasa dan spesial,” ujar Sugito, Kamis 14 Desember 2017.

Kasatreskrim Polres Jepara AKP Suharta mengungkapkan, penangkapan pelaku adalah upaya dari jajarannya untuk melakukan cipta kondisi menjelang Natal dan Tahun Baru 2018. Setelah mendapat informasi dari masyarakat, jajarannya langsung melakukan penggerebekan.

“Yang bersangkutan adalah pemain lama. Penjualan miras ini di lakukan tersangka sebagai sampingan, dari usaha utamanya sebagai penjual bahan bangunan,” beber Suharta.

Suharta menambahkan, kegiatan serupa juga dilakukan jajaran Polsek Mlonggo dan Polsek Batealit. Polsek Mlonggo menggrebek rumah penjual minol plosan Zainal Arifin, warga RT27 RW06 Desa Jambu.

“Sementara dari Batealit berhasil menangkap dua pelaku pengoplos, yaitu WG dan NS,” pungkas Suharta.


(ALB)