Presiden Jokowi Tanam Pohon Jati di Gunungkidul

Ahmad Mustaqim    •    Sabtu, 09 Dec 2017 12:18 WIB
lingkungan
Presiden Jokowi Tanam Pohon Jati di Gunungkidul
Presiden Jokowi saat menanam pohon Jati di Gunungkidul. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Gunungkidul: Presiden Joko Widodo memimpin penanaman pohon dalam acara peringatan Hari Penanaman Pohon Indonesia (HMPI) di Desa Karang Asem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu, 9 Desember 2017. Datang memakai helikopter, Jokowi jalan kaki menuju kaki sebuah bukit untuk menanam pohon. 

"Dengan mengucapkan Bismillah, kegiatan penanaman pohon hari ini resmi dimulai," ujar Presiden Jokowi diikuti sirine menekan tombol simbol kegiatan penanaman pohon dimulai. 

Ada sebanyak 45 ribu pohon yang ditanam. Dari jumlah itu, 42 ribu diantaranya telah ditanam masyarakat. Sementara, 3.000 pohon yang lain ditanam serempak bersama berbagai lapisan masyarakat.  

Dalam penanaman itu, Presiden Jokowi menanam sebuah pohon jati secara simbolis. Setelah menanam, Presiden Jokowi menyirami pohon yang baru ditanam dengan air. 



Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan,  penanaman pohon dilakukan di lahan dalam kondisi kritis dan kering.

Lokasi tersebut dipilih dengan harapan bisa dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyakarat. Penanaman juga memakai teknologi aqua soft untuk menyimpan asupan air untuk pohon di lahan kering. 

"Di lokasi ini juga ada kera ekor panjang yang mengganggu masyarakat. Harapannya dengan kerja dan pendampingan ada prospek membantu menyejahterakan masyarakat," ujarnya. 

Ia menambahkan, pengelolaan hutan harus melibatkan semua lapisan masyarakat. Nantinya, puluhan ribu pohon akan dikelola secara berkelanjutan oleh koperasi setempat. 



(ALB)