Satu Pasangan Calon Janji Daftar ke KPU Kulon Progo Besok

Patricia Vicka    •    Rabu, 28 Sep 2016 15:54 WIB
pilkada serentak
Satu Pasangan Calon Janji Daftar ke KPU Kulon Progo Besok
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Perpanjangan waktu pendaftaran calon untuk Pilkada Kulon Progo membuahkan hasil. Satu pasangan bakal calon dipastikan bakal mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum setempat, besok.

Pasangan itu adalah Zuhadmono Ashari-Bray Iriani Pramastuti. Keduanya diusung Partai Gerindra, PKB dan Demokrat dengan total 13 kursi.

Sekretaris DPD Gerindra Dharma Setiawan menjelaskan keduanya akan mendatangi KPU Kulonprogo Kamis (29/9/2016), sekitar pukul 13.00 WIB. 

Baca: KPU Kulon Progo Minta Parpol Ajukan Calon Lagi

"Rencananya, keduanya akan naik gerobak sapi dari rumah mantan bupati sebelumnya ke kantor KPU," ujar Dharma di Yogyakarta, Rabu (28/9/2016). 

Pada rencana awal, lanjut Dharma keduanya hendak mendaftar pada Jumat 24 September 2016. Namun rencana ini batal sebab parpol pengusung ingin meminta restu kepada sesepuh dan tokoh agama di Kulon Progo terlebih dahulu. 

"Setelah mendapat doa restu, Kami baru berani mendaftar," ujarnya. 

Gerindra memilih Zuhadmono karena ia telah lolos seleksi penjaringan parpol Gerinda ditingkat DPC dan DPD. Pada awalnya ada empat orang yang mendaftar ke Gerindra untuk ikut penjaringan bakal calon. Ketua umum Gerindra Prabowo Subianto pun telah mengeluarkan surat recomendasi untuk keduanya pada 21 September 2016. 

Baca: Hasto Wardoyo-Sutedjo Daftar ke KPU Kulonprogo Naik Andong

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PKB Kulon Progo, Yusron  Martofa menegaskan seluruh internal DPC dan DPD telah sepakat mengusung Iriana bersama Zuhadmono pada pertarungan 2017 mendatang. 

Ia membantah kabar tak sedap yang menyebutkan adanya perpecahan keputusan diinternal PKB terkait calon yang akan diusung. "Keduanya sudah diperkenalkan di pertemuan internal PKB dan sudah siap didaftarkan," tuturnya. 

Kehadiran bakal calon ini memberi angin segar persaingan. Sebab, hingga hari akhir pendaftaran, Jumat, 23 September, hanya ada satu pasangan yang mendaftar. Yakni, pasangan Hasto Wardoyo-Sutedjo. Pasangan ini diusung PDI Perjuangan, PAN, Golkar, PKS, Nasdem, dan Hanura.

Baca: Calon Tunggal, Partisipasi Pemilih di Kulon Progo Diprediksi Turun

KPU Kulon Progo membuka kembali pendaftaran bakal calon mulai 28-30 September 2016 untuk memberi kesempatan calon lainnya.


(SAN)