Kurang dari Seminggu, Puluhan Pelajar SMK Kesehatan Kesurupan

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 14 Oct 2016 17:31 WIB
kesurupan
Kurang dari Seminggu, Puluhan Pelajar SMK Kesehatan Kesurupan
Kerumunan pelajar SMK Kesehatan Giri Handayani sesaat setelah membawa rekan yang kesurupan ke rumah warga. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Gunungkidul: Sepuluh pelajar SMK Kesehatan Giri Handayani Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, alami kesurupan, Jumat 14 Oktober 2016. Kesurupan didominasi pelajar perempuan dan terjadi dalam kurun kurang dari satu minggu.

Salah seorang pelajar SMK Kesehatan Giri Handayani, Tri, mengatakan peristiwa kesurupan pertama kali terjadi Sabtu, 8 Oktober. Saat itu, kata dia, para siswi sedang mengikuti perkemahan di sekolah.

"Waktu itu (Sabtu, 8 Oktober) ada satu yang kesurupan. Lalu Rabu (12 Oktober) ada tujuh," katanya.

Tri menyebut kesurupan pada 12 Oktober itu terjadi saat jam pelajaran sekolah. Bahkan, sehari berselang, seorang siswi gantian kesurupan.

"Hari ini ada 10 orang yang kesurupan. Ada belasan orang yang sudah kesurupan di sekolah," ungkapnya.

Peristiwa kesurupan beberapa hari tersebut berlangsung dalam tempo yang tak begitu lama. Sejumlah pemuka agama didatangkan untuk menyadarkan mereka.

Ada pula siswi yang tiba-tiba mengamuk tanpa alasan saat berada di rumah. "Anak saya sempat dibawa ke pesantren, kondisinya sudah membaik," ujar Waji, seorang wali murid.

Pihak sekolah maupun komite enggan memberi keterangan terkait kejadian ini.


(UWA)