Balita Korban Kekerasan Masih Takut Lihat Kulkas

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 28 Nov 2016 12:23 WIB
penganiayaan anak
Balita Korban Kekerasan Masih Takut Lihat Kulkas
Sartini (membawa tas) dan anaknya, JM, korban tindak kekerasan majikan. Foto: Metrotvnews.com/Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Sleman: Balita korban kekerasan, JM, 1,5 tahun, belum sepenuhnya pulih dari tindak kekerasan yang ia terima dari majikan ibunya. JM yang saat ini mendapatkan pendampingan psikolog masih trauma pada benda yang pernah dipakai tersangka AC untuk menyiksanya.

Kepala Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polda DIY, Kompol Retnowati menjelaskan, JM sebetulnya sudah menunjukkan kondisi baik setelah mendapat pendampingan. Selain sudah ceria, JM juga sudah tidak takut jika melihat mesin cuci.

Baca: Polda Yogya Kembali Periksa Ibu Balita Korban Kekerasan

"Tapi (JM) terkadang masih takut kalau melihat kulkas," kata Retnowati saat ditemui di Unit PPA Polda DIY, Senin (28/11/2016).

Mesin cuci dan kulkas menjadi alat yang digunakan tersangka AC. JM pernah dimasukkan mesin cuci dan kulkas dalam kondisi aktif. Bahkan, AC memasukkan JM ke dalam freezer kulkas selama satu jam.

Baca: Balita Disiksa Hingga Cacat

Retnowati mengungkapkan JM bersama sang ibu, Sartini, saat ini berada di tempat khusus untuk perlindungan dan memberikan pendampingan. "Jika akan melakukan pendampingan, kami tinggal berkoordinasi saja," kata dia.

Tersangka AC telah mendekam di sel Polda DIY beberapa waktu lalu. Setelah menangkap tersangka, Polda DIY menyita barang bukti yang digunakan AC untuk melakukan kekerasan terhadap balita JM. Barang bukti itu di antaranya kulkas, mesin cuci, dan tang.

Baca: Usut Kekerasan Balita, Polisi Sita Kulkas dan Mesin Cuci

Retnowati menyebut, proses penyidikan kasus kekerasan tersebut hampir selesai. "Tapi kami masih melengkapi berkas dengan meminta kerangan saksi dan dokter," ujarnya.


(SAN)