Jalur Purwokerto-Bandung Terancam Lumpuh Akibat Longsor

Liliek Dharmawan    •    Rabu, 30 Nov 2016 16:17 WIB
longsor
Jalur Purwokerto-Bandung Terancam Lumpuh Akibat Longsor
Sejumlah warga memperhatikan jalan yang longsor di tanjakan Ciregol, Desa Kutamandala, Brebes, Jawa Tengah, Minggu (12/4/2015). Foto: Antara/Oky Lukmansyah

Metrotvnews.com, Purwokerto: Jalan nasional penghubung Purwokerto-Bandung terancam putus akibat longsor yang terjadi di bahu jalan di Desa Kedunggede, Kecamatan Lumbir, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu 30 November 2016. 

Meski belum mengganggu arus lalu lintas, jika longsoran terus berlangsung, bakal mengancam jalur selatan itu.

Salah seorang warga setempat, Leman, 40, mengatakan longsor terjadi di jalur setempat dengan panjang sekitar 20 meter. Tanah yang longsor sedalam 16 meter. 

“Longsor terjadi akibat hujan deras. Saat ini, pagar pembatas jalan telah menggantung," ujarnya.

Menurutnya, jalan di wilayah ini rawan longsor. Sebab, dua bulan sebelumnya, sekitar 100 meter dari lokasi tersebut, bahu jalan juga longsor. 

“Saat ini, kerusakan akibat longsor yang terjadi bulan lalu tengah dibenahi dengan memasang pemancang penahan longsor,” katanya.

Jalan nasional yang mengalami kerusakan di Karanglewas, Cilongok, Ajibarang, Pekuncen, hingga perbatasan, juga mulai diperbaiki. Perbaikan dilakukan tergesa karena banyak warga protes dengan menanam pohon pisang di lokasi berlubang.

Dari Cilacap, jalan kabupaten di Cimanggu, yang sempat ambles, diperbaiki darurat. "Agar bisa dilalui kendaraan dari wilayah Cileumuh-Negarajati-Kutabima,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Bina Marga Majenang, Darwoko.


(UWA)