Pelaku Penganiaya Balita Hendak Kabur

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 22 Nov 2016 13:45 WIB
penganiayaan anak
Pelaku Penganiaya Balita Hendak Kabur
Sartini dan anaknya yang menjadi korban kekerasan sang majikan, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap paksa pelaku penganiaya balita, AC. Sebelum ditangkap, AC diduga hendak melarikan diri dari kejaran polisi.

"Dia berusaha sembunyi," kata Direskrimum Polda DIY, Komisaris Besar Frans Tjahyono, kepada Metrotvnews.com, Selasa (22/11/2016).

Frans mengatakan polisi semula akan menangkap AC di kediamannya Jalan Parangtritis, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Namun, pelaku baru bisa ditangkap setelah polisi mengejar hingga kawasan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Polisi masih memeriksa AC di Mapolda DIY. Frans menyebut pihaknya akan memakai dua UU sekaligus menangani kasus ini, yakni UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang Kekerasan dalam Rumah Tangga dan UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. 

"Dua UU itu lex specialis agar lebih fokus dan khusus. Proses penyelidikan masih berjalan," ujarnya.

Baca: Polda Dorong Kasus Kekerasan terhadap Bocah JM Bergulir di Pengadilan

AC ditangkap karena diduga menganiayaan pembantunya, Sartini dan balita berinisial, JM, 1,5 tahun, selama tinggal di di Jalan Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Sartini dan JM pernah disekap delapan bulan serta mendapat tindak kekerasan fisik maupun.

Baca: Balita Korban Penyiksaan Trauma Lihat Kulkas & Mesin Cuci

Setelah bisa kabur dan menenangkan diri, Sartini melapor ke polisi, 15 November. Saat ditemui di Polda DIY, Sartini berharap polisi menghukum berat majikannya. Saat ini, kondisi balita tersebut telah memperoleh penanganan dan kembali ceria. Di sisi lain, psikolog juga dilibatkan untuk melakukan pendampingan.


(UWA)