Erupsi Gunung Agung

Aktivitas Gunung Agung Tak Pengaruhi Permintaan Tenun Troso

Rhobi Shani    •    Rabu, 27 Sep 2017 11:41 WIB
gunung berapierupsi gunungerupsi gunung agung
Aktivitas Gunung Agung Tak Pengaruhi Permintaan Tenun Troso
Proses pembuatan tenun Troso. Foto: MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Meningkatnya aktivitas gunung Agung, Bali, tak mempengaruhi permintaan kain tenun Troso Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pesanan kain tentun Troso dari Bali justru meningkat.

“Dengan kondisi Gunung Agung seperti saat ini, pesanan dari Bali malah meningkat,” ujar Sekretaris Koperasi Paguyuban Tenun Troso, Abdul Jamal, Rabu 27 September 2017.

Pesanan kain tenun Troso meningkat lantaran digunakan untuk keperluan upacara adat dan seragam dinas di Bali. Semula Abdul khawatir akan terjadi penurunan permintaan kain tenun Troso.

“Ya, sempat khawatir, karena sebagian besar pasar kain tenun Troso dikirim ke Bali,” ujar Jamal, Rabu 27 September 2017.

Sebesar 75 persen pasar tenun memang berada di Bali. Sisanya, kain tenun Troso dijual ke Lombok, Sulawesi, Jakarta, dan Bandung.

Setiap pekan, sedikitnya 4.000 potong kain tenun Troso di kirim ke Bali. Kain yang diproduksi usaha Abdul sendiri, salah satunya dikirim ke Klungkung. Salah satu kecamatan yang terdampak oleh Gunung Agung.

“Kalau saya banyak kirim ke Klungkung, Denpasar, dan Tabanan,” kata Jamal.

Muhammad Taksin juga menyampaikan hal hampir senada. Dia mengungkapkan, pesanan kain tenun tak berubah meski aktivitas gunung Agung meningkat.

“Lonjakan atau penurunan permintaan dari Bali belum kelihatan. Tapi yang jelas, kondisi gunung Agung belum berdampak pada pengusaha tentu Troso. Setiap minggu masih rutin kirim ke Bali,” ungkap Taksin.


(SUR)