Tak Balik Modal, Petani di Bantul Bagikan Gratis Cabai di Ladangnya

Ahmad Mustaqim    •    Senin, 18 Sep 2017 17:42 WIB
petanikemarau dan kekeringan
Tak Balik Modal, Petani di Bantul Bagikan Gratis Cabai di Ladangnya
Ilustrasi, ladang tanaman cabai milik petani di Yogyakarta. (MTVN-Kuntoro)

Metrotvnews.com, Bantul: Petani cabai di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Widodo menyilakan warga Yogyakarta yang ingin mengambil cabai tanpa dipungut biaya di ladangnya. Widodo beralasan memberikan cabai gratis karena nilai jual tak sebanding dengan biaya panen. 

Ia mengatakan, lahan pertanian di ladangnya sudah mengering seiring kondisi kemarau yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Andai cabai tak segera diambil, tanaman sudah hampir dipastikan akan mati. 

"Harga jual cabai di tingkat petani rendah. Kira-kira hanya Rp3 ribu sampai Rp6 ribu per kilogram. Tidak sebanding buat menutupi biaya memanen," kata Widodo, Senin 18 September 2017. 

Ketimbang dibiarkan, Widodo memutuskan membagikan cabainya secara gratis untuk warga. Syaratnya, harus mengambil sendiri di ladang milik Widodo. 

"Saya merasa tak rugi memberikan cabai ke orang yang membutuhkan. Saya ikhlas daripada cabainya dibiarkan tidak dipakai," katanya. 

Di atas lahan 75 meter X 100 meter, tanaman cabai Widodo yang berbuah hanya sekitar seperempatnya. Sebagian besar tanaman harus mati karena kekurangan air. Widodo hanya berharap pemerintah ada tindakan nyata melindungi petani di saat kondisi dan harga komoditas yang ditanam sedang buruk. 

Widodo sempat mengunggah tanaman cabainya melalui sosial media facebook. Dalam unggahannya, Widodo menyampaikan siapapun yang menginginkan cabai gratis bisa datang langsung ke ladangnya. Syaratnya hanya memetik sendiri dan maksimal satu kilogram per orang. 

Widodo juga menyertakan alamat lengkap lahannya di Kalipakem RT 1 Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Banyak warganet yang memberikan respon atas unggahan Widodo. Mulai sekadar menanyakan kebenarannya, mengapresiasi, sampai ingin mendatangi lokasi. 

Kepala Dinas Pertanian Bantul, Pulung Haryadi mengatakan, harga cabai di pasaran tak terlalu rendah seperti yang Widodo bilang. Pulung mengaku sudah mengecek harga cabai dan berada di kisaran Rp7 ribu hingga Rp8 ribu. 

"Ya bila ingin sedekah saya kira kita tidak bisa menghalanginya. Namanya mau beramal," katanya. 



(ALB)