DPT untuk Pilgub Jateng Diperkirakan Bertambah

Rhobi Shani    •    Jumat, 15 Sep 2017 15:08 WIB
pilkada serentakpilgub jateng 2018
DPT untuk Pilgub Jateng Diperkirakan Bertambah
Komisioner KPU Jepara Anik Sholikatun (kanan). Foto: MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jateng 2018 di Kabupaten Jepara diprediksi bakal meningkat. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jepara memprediksi jumlah DP4 naik menjadi 887.585, dari 858.958 suara.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi dan Kependudukan Disdukcapil Jepara Susetyo menyampaikan, DP4 akan dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Dalam Negeri. Selanjutnya, DP4 akan dijadikan dasar oleh KPU untuk menetapkan DPT.

“DP4 dibuat berdasarkan data yang kami imput setiap hari. Seperti data perekaman KTP, permohonan, dan pindah alamat,” terang Susetyo, Jumat 15 September 2017.

Komisioner KPU Jepara Anik Sholikatun menyampaikan, pihaknya terus melakukan pemiliharaan berkelanjutan DPT menjelang Pilgub Jateng 2018. Pemutakhiran data DPT terus dilakukan sejak Pilkada Februari 2017.

“Kami tidak tinggal diam. Sambil menunggu penyerahan DP4 dari Kemendagri, kami juga melakukan pemeliharaan DPT,” kata Anik.

Penyerahan DP4 akan dilakukan November mendatang. Setelah DP4 diserahkan, baru dilakukan penetapan DPT. “Hasil pemutahiran kami berkelanjutan berkurang 5.000 dari DPT kemarin,” kata Anik.

Namun, Anik menegaskan, nantinya yang dijadikan dasar penetapan DPT Pilgub 2018 adalah DP4 yang diserahkan Kemendagri. “Kalau melihat prakiraan DP4 Disdukcapil, berarti DPT Pilgub ada peningkatan dari DPT Pilkada kemarin,” pungkas Anik.
 
 


(SUR)