Pilkada Brebes Paling Rawan se-Jateng

   •    Selasa, 20 Sep 2016 11:21 WIB
pilkada serentak
Pilkada Brebes Paling Rawan se-Jateng
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Semarang: Indeks kerawanan pemilu di Kabupaten Brebes berada di urutan pertama dibandingkan dengan enam daerah di Jawa Tengah yang akan menggelar Pilkada Serentak 2017.

"Dari hasil pengumpulan data, Brebes menduduki tingkat kerawanan yang paling tinggi di Jateng dengan total indeks kerawanan pemilih sebesar 2,001," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilu Jateng Teguh Purnomo, dikutip Antara, di Semarang, Selasa (20/9/2016).

Posisi Brebes diikuti Jepara dengan indeks kerawanan 1,735, Cilacap 1,635, Pati 1,535, Banjarnegara 1,457, Kota Salatiga 1,423, dan Batang 1,213.

Indeks kerawanan pemilu yang disusun Bawaslu itu sebagai suatu rangkaian riset yang menjadi dasar perumusan kebijakan, program, dan strategi dalam konteks pengawasan di bidang kepemiluan.

Menurut dia, melalui pendekatan dan pencegahan, indeks kerawanan pemilu dibutuhkan sebagai instrumen deteksi dini dari potensi kerawanan di setiap wilayah. Harapannya, segala bentuk potensi kerawanan dapat diantisipasi, diminimalisasi, dan dicegah.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Kebumen itu menjelaskan, kerawanan ini didasarkan atas tiga dimensi, yaitu dimensi penyelenggaraan, dimensi kontestasi, dan dimensi partisipasi.

Kendati demikian, kata dia, meskipun secara nasional, kabupaten kota di Jateng tidak masuk daerah yang mempunyai kerawanan tinggi seperti daerah di provinsi lain. Setidaknya data tersebut dapat digunakan sebagai sarana peringatan dini terhadap potensi terjadinya permasalahan di daerah.

"Semua pemangku kepentingan seperti kepolisian, pemerintah daerah atau yang lain bisa menggunakan indeks kerawanan pemilu sebagai acuan," katanya.


(SAN)