Mahasiswa UGM Demo Pemilihan Dekan

Patricia Vicka    •    Kamis, 15 Sep 2016 17:00 WIB
pendidikan
Mahasiswa UGM Demo Pemilihan Dekan
Demontrasi mahasiswa Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta, Kamis (15/9/2016). (Foto-foto: Metrotvnews.com/Patricia Vicka)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada memprotes perbedaan hasil seleksi calon dekan di tingkat fakultas dan universitas.

Protes itu mereka sampaikan di Gedung Pusat atau Balairung UGM, Bulaksumur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, 15 September.

"Kami mempertanyakan proses pemilihan calon dekan di tingkat universitas. Kenapa hasil fakultas seperti dikesampingkan," tutur kordinator aksi Abdul Adim di mimbar Balairung UGM. 

Baca: Rektor Ajak Berdialog, Mahasiswa UGM Langsung Balik Badan

Mahasiswa meminta rektorat transparan soal penilaian dari tim panitia seleksi. "Supaya kita paham hasil penentuan pihak universitas. Sebab kami juga nanti yang akan merasakan dampaknya," tegasnya.

 

Ada dua calon dekan periode 2016-2021 yang muncul di tingkat fakultas. Yakni Sigit Riyanto dan Linda Yanti Sulistiawati. Sigit unggul dalam memperoleh nilai di tingkat fakultas. 

Namun, begitu masuk tingkat universitas, keadaan berbeda. Linda Yanti mendapat nilai lebih tinggi. Hal inilah yang menimbulkan pertanyaan dan memicu gelombang protes dari para dosen dan mahasiswa. 

Kepala Humas UGM Iva Ariyani mengatakan proses seleksi pemilihan dekan baru sudah dimulai munggu lalu. Saat ini memasuki masa sanggah. 

Ia meminta semua pihak menghormati proses seleksi dan menunggu hasil dari tim seleksi dengan sabar. (Baca: UGM Tak Naikkan Uang Kuliah Mahasiswa Baru)

Aksi demo ini merupakan lanjutan dari unjuk rasa serupa pada Selasa 13 September 2016. Demonstrans membawa spanduk protes dan meletakkan boneka pocong di depan mimbar sebagai simbol matinya demokrasi.


(SAN)