Polda DIY: Belum Tentu Bripka Iwan Bunuh Diri

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 04 Oct 2016 17:16 WIB
polisi tewas
Polda DIY: Belum Tentu Bripka Iwan Bunuh Diri
Ilustrasi. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Polda Daerah Istimewa Yogyakarta enggan segera menyimpulkan jika Anggota Detasemen B Sentolo Sat Brimob Polda DIY, Bripka Iwan Rudiyanto, tewas karena bunuh diri.

Kepala Bidang Humas Polda DIY, Komisaris Besar (Kombes) Anny Pudjiastuti mengatakan polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dalam kasus itu. Di sana ditemukan botol minuman keras (miras). Tapi, Anny membantah jika Iwan bunuh diri di bawah pengaruh miras.

"Terlalu dini menyebutnya penyebabnya. (Bripka Iwan) mabuk atau tidak, kami belum tahu. Tapi memang ada miras di sana (TKP)," ujar Anny saat ditemui di Polda DIY, Selasa (4/10/2016).

Anny mengatakan Iwan mulanya bertemu saudaranya, Supriyono dan Agung Pribadi, warga Sindurjan RT 03 RW 05. Iwan sempat berkeluh kesah soal keluarganya, terutama soal anak tirinya yang susah diatur.

"Korban ini kan lajang yang menikah dengan janda satu anak. Korban mengeluh anak bawaan istrinya yang susah diatur. Usia anaknya kami belum tahu," kata dia.

Dari keterangan saksi, lanjut Anny, Iwan diduga bunuh diri akibat permasalahan keluarga. "Saksi lebih banyak berbicara tentang itu (persoalan keluarga Iwan)," kata dia.

Terkait kepemilikan senjata api, Anny menyebut kepolisian telah menjalankan serangkaian tes sebelum anggotanya dinyatakan bisa membawa senjata. "Kepemilikan senjata sesuai peruntukan. Tapi, kondisi kejiwaan seseorang kan tak terduga. Peristiwa ini kami sayangkan dan sesalkan," ucapnya.

Bripka Iwan diduga bunuh diri dengan senjata api miliknya di rumah saudaranya, Supriyono, di Sindurjan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Senin malam 3 Oktober. 

Ia lebih dulu bermain senjata api dengan menembakkan pistol ke atas sebanyak dua kali. Tidak ada yang meletus. Kali ketiga, dia mengarahkan pistol ke kepalanya. Begitu pelatuk ditekan, peluru menembus kepalanya dan tewas.

"Jenazah Bripka Iwan siang tadi dimakamkan di Pengasih, Kulon Progo," kata Anny.

 


(UWA)