Doa Khofifah dan Raja Kraton Yogyakarta untuk Putri Mensesneg

Ahmad Mustaqim    •    Jumat, 29 Dec 2017 14:44 WIB
pernikahan anak pejabat
Doa Khofifah dan Raja Kraton Yogyakarta untuk Putri Mensesneg
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. (Medcom.id-Ahmad Mustaqim)

Bantul: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mendoakan putri Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Anisa Firdya Hanum dan suaminya Rino Febrian bisa membangun peradaban usai menjalani akad pernikahan. Anisa dan Rino menjalani prosesi akad nikah di Gedung Jogja Expo Centre (JEC) Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta pada Jumat 29 Desember 2017. 

"Pernikahan adalah bagian membangun peradaban. Untuk kedua mempelai, harus satu sama lain menjadikannya referensi membangun kehidupan," ucap Khofifah usai menghadiri akad nikah Anisa-Rino. 

Khofifah mendoakan pasangan tersebut memperoleh keturunan yang bisa menjadi generasi perjuangan bangsa. Ia meminta mereka menanamkan nilai yang positif kepada keturunannya kelak. 

"Sistem bermasyarakat berbudaya, berbangsa, bernegara bersatu dengan sistem kekerabatan. Tatanan ini bisa dibangun oleh pasangan pengantin," kata dia. 

Ia menilai pernikahan hari ini jadi kado akhir tahun kedua mempelai. "Semoga mereka menjadi keluarga penuh kebahagiaan, ketenangan, dan penuh kasih dan damai," jelasnya. 

Gubernur DIY sekaligus Raja Kraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dalam budaya Jawa, pernikahan merupakan wujud dari dorongan manusia dengan tujuan untuk mendapatkan keturunan yang baik, soleh, berbudi luhur dan sehat. Ia mendoakan pasangan tersebut bisa menjalani tata kehidupan sesuai tuntunan agama dan bernegara. 

"Semoga bisa membangun keluarga sesuai hakikat Islam, dan menjadi ladang ibadah dengan pengabdian pada nusa bangsa, napak laku kedua orang tuanya," ujarnya. 

Sri Sultan sempat membacakan puisi karya sastrawan masyur Kahlil Gibran. Puisi tersebut berbunyi; "Berpasangan engkau telah diciptakan, dan selamanya engkau akan berpasangan, bersamalah engkau tatkala sang maut merenggut umurmu, bahkan bersama pula kalian dalam ingatan sunyi Tuhan. Namun biarkan ada ruang antara kebersamaan itu, tempat angin surga menari-nari di antaramu."

Pasangan Anisa dan Rino sama-sama merampungkan studi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Anisa merampungkan studinya di jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan mengambil double degree di Perancis (ESCEM Poitiers). Sedangkan, Rino merampungkan studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik UGM. Di UGM, Rino masuk setahun lebih awal dari Anisa. 

Keduanya kini tengah menjalani studi strata dua di Perth, Australia. Anisa mengambil studi di University of Western Australia, sementara Rino di Curtin University. 

Acara akad nikah tersebut dihadiri sejumlah pejabat menteri, kepala daerah, hingga politikus. Mereka yang terlihat hadir di antaranya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, Mantan Wapres Boediono, Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono, 

Tampak pula, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dan GKR Hemas, Wagub DIY KGPAA Paku Alam X beserta istri, dan kerabat Gusti Hadiwinoto serta Gusti Prabukusumo. Sejumlah politikus seperti Sekjen Partai Golkar Idrus Marham dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy tampak hadir. 



(ALB)