'Zebra' Hadang Penerobos Palang KA

Iswahyudi    •    Jumat, 03 Nov 2017 18:11 WIB
jalur kereta api
'Zebra' Hadang Penerobos Palang KA
Polisi dan Dishub Kendal sosialisasi tidak menerobos palang pintu kereta api di Jalan Raya Kaliwungu, Kendal. Foto: MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com.Kendal: Operasi Zebra Candi tahun 2017 tidak hanya menggelar razia dan tindakan langsung (tilang). Polisi juga mengajak  pengguna jalan untuk tertib berlalu lintas, salah satunya dengan tidak menerobos  palang pintu  perlintasan kereta api.

Sosialisasi yang unik dilakukan Polres Kendal. Tak hanya mengerahkan lantas untuk mengajak warga tertib, 'Zebra berkaki dua' pun berseliweran di palang pintu untuk mengajak warga tak menerobos perlintasan saat kereta akan melintas.

Seorang petugas PT KAI dan Dishub Kendal memegang papan bertuliskan "Terobos = Game Over" dan "Dilarang Menerobos" menemani sang Zebra.

“Ini untuk mengurangi angka kecelakaan di perlintasan KA akibat menerobos," kata Kasat Lantas Polres Kendal AKP Edy Sutrisno, Jumat 3 November 2017.

Tak hanya menghadirkan badut Zebra, Polres Kendal juga memasang pembatas (barrier) di tengah jalan untuk memisahkan jalur. Tujuannya, agar tidak menimbulkan kemacetan karena saling serobot memacu kendaraan saat melintasi rel.


Polisi dan Dishub Kendal sosialisasi tidak menerobos palang pintu kereta api di Jalan Raya Kaliwungu, Kendal. Foto: MTVN/Iswahyudi

Kecelakaan di perlintasan Kereta Api (KA) kebanyakan terjadi karena kurang kesadaran pengendara saat melintas. Tidak hanya itu, kecerobohan pengendara juga menjadi penyebab utama kecelakaan di palang pintu perlintasan.

Sosialisasi ini dilakukan tim gabungan Dinas Perhubungan, PT KAI dan Polres Kendal. Sosialisasi dilaukan dipintu perlintasan KA di Pantura Kaliwungu.

Salah satu pengguna  jalan, Edi Prayitno, mengatakan, upaya menekan kecelakan di palang KA tak hanya boleh sekedar sosialisasi. Seharusnya, pemasangan palang pintu kereta api yang lebih panjang agar menutup seluruh jalur harus dipasang.

"Pihak PT KAI dan Dishub tidak hanya  sosialisasi. Palang pintu kalau bisa menutup semua jalan, jadi tidak ada yang menerobos," kata  Edi.

 


(SUR)