Polisi Ciduk Truk Pengangkut 2.808 Liter Miras

Pythag Kurniati    •    Selasa, 12 Dec 2017 11:26 WIB
minuman beralkohol
Polisi Ciduk Truk Pengangkut 2.808 Liter Miras
Truk pengangkut 2.808 liter minuman keras (miras) jenis ciu yang ditangkap Polres Karanganyar, Minggu, 10 Desember 2017. Foto: Medcom.id/Pythag Kurniati

Solo: Sebuah truk yang mengangkut 2.808 liter minuman keras (miras) jenis ciu ditangkap petugas Polres Karanganyar, Minggu, 10 Desember 2017. Miras tersebut diangkut menggunakan truk dan dikemas dalam kardus buah untuk mengelabui petugas.

"Ini memang modusnya," ungkap Wakapolres Karanganyar Kompol Dyah Wuryaning Hapsari, Senin, 11 Desember 2017.

Penangkapan truk yang mengangkut ribuan liter miras diawali dari laporan Satpol PP. Polisi kemudian mengintai dan mencegat truk tersebut.

Polisi mendapati 86 karton kardus buah di dalam truk. "Tapi setelah dibuka isinya ribuan liter ciu yang rencananya akan dibawa ke Blitar, Jawa Timur," paparnya.

Miras yang diangkut truk ditaksir bernilai Rp50 juta. Miras rencananya akan dijual ke Jawa Timur Rp34 ribu sampai Rp40 ribu tiap liter.

Polisi menangkap tiga orang tersangka, yakni RM sebagai otak dan pemilik truk, WN (sopir truk) dan HN (kenek truk). Ketiganya adalah warga Kabupaten Karanganyar.

RM mengaku telah dua kali melakukan pengiriman. Miras yang ia kirim didapat dari kawasan Bekonang, Mojolaban, Sukoharjo. RM meminta kedua rekannya, WN dan HN, mengantar barang tersebut ke Jatim.

"Pengakuan dari sopir dan kenek truk, mereka tidak diberitahu membawa apa. Mereka hanya tahu itu kardus-kardus buah," urai dia.

Atas perbuatannya, para tersangka dijerat dengan Pasal 15 ayat 2 Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Karanganyar Nomor 16 Tahun 2009 tentang Larangan dan Pengendalian Minuman Beralkohol. Mereka diancam kurungan hingga 3 bulan dan atau denda maksimal Rp 50 juta.


(SUR)