11 Kecamatan di Kendal Rawan Longsor

Iswahyudi    •    Rabu, 11 Oct 2017 16:49 WIB
longsor
11 Kecamatan di Kendal Rawan Longsor
Daerah rawan longsor di Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah -- MTVN/Iswahyudi

Metrotvnews.com, Kendal: Sejumlah kecamatan di Kabupaten Kendal masuk daerah rawan bencana. Bencana yang dimaksud adalah banjir dan longsor.

"Berdasarkan informasi dari BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Semarang, kekeringan di Jawa Tengah bagian selatan diperkirakan berakhir pada September. Sedangkan, Jawa Tengah bagian utara diperkirakan dilanda banjir pada November," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kendal Sigit Sulistyo di Kendal, Jawa Tengah, Rabu 11 Oktober 2017.

Ada 11 kecamatan masuk daerah rawan longsor, yakni Patebon, Kangkung, Rowosari, Kota Kendal, Gemuh, Brangsong, Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Ngampel, dan Weleri.

Sedangkan, wilayah yang rawan banjir yakni Patebon, Kangkung, Rowosari, Kota Kendal, Gemuh, Brangsong Kaliwungu, Kaliwungu Selatan, Ngampel, dan Weleri.

Sigit meminta masyarakat lebih waspada jika terjadi hujan deras yang berpotensi longsor dan angin puting beliung. Pihaknya pun sudah mempersiapkan baik fisik maupun logistik jika terjadi bencana.

Selain itu, BPBD Kabupaten Kendal juga memasang early warning system (IWS) di Desa Cening, Kecamatan Singorojo. Alat ini akan berbunyi jika terjadi longsor.

"Kami juga melatih relawan yang menjadi perpanjangan tangan BPBD yang ditempatkan di wilayaj yang rawan bencana," pungkasnya.


(NIN)