Cantrang Nelayan di Pantura Diganti API

Kuntoro Tayubi    •    Kamis, 09 Nov 2017 16:32 WIB
cantrang
Cantrang Nelayan di Pantura Diganti API
Dirjen Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja, memusnahkan alat tangkap cantrang, di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kota Pekalongan, Kamis, 9 November 2017. (Metrotvnews.com /Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Pekalongan: Sebanyak 287 paket Alat Penangkapan Ikan (API) ramah lingkungan digelontorkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membantu nelayan di wilayah Pekalongan, Batang dan Brebes. Pemberian bantuan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja, di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kota Pekalongan, Kamis, 9 November 2017.

“Situasi laut pantai utara Jawa ini kondisinya sudah sangat berat sekali kerusakannya. Dengan alat tangkap ramah lingkungan ini, kami mendorong kepada para nelayan untuk proses recovery, agar stok ikan melimpah dan nelayan dapat hidup layak,” kata Sjarief.

Dijelaskannya, sebanyak 287 paket Alat Tangkap Ikan (API) tersebut dibagikan kepada nelayan Kota Pekalongan sejumlah 26 paket, nelayan Batang sejumlah 61 paket, dan nelayan Brebes sejumlah 200 paket.

Sebelumnya juga sudah diserahkan bantuan API sebanyak 123 paket, yakni 25 paket untuk nelayan Kabupaten Pekalongan, 30 paket untuk nelayan Batang, dan 68 paket untuk nelayan Brebes.

“Nanti segera menyusul 73 paket lagi untuk nelayan Brebes. Sehingga total semua bantuan API ramah lingkungan yang kami berikan sejumlah 483 paket untuk wilayah Pekalongan, Batang dan Brebes,” tambahnya. 

Ditambahkannya, pemerintah semakin intensif dalam mengembangkan API ramah lingkungan. API ramah lingkungan ini bukan semata program pemerintah, namun justru menjadi kebutuhan para nelayan agar usahanya produktif dan tetap berkelanjutan.

“Harapannya, dengan adanya bantuan API ini kita dapat meningkatkan produksi ikan nasional. Dan ujung akhirnya adalah, masyarakat Indonesia harus banyak makan ikan, sehingga tingkat konsumsinya juga meningkat,” pungkasnya.


(ALB)