Puskesmas Kedung Mutih Disebut Seperti Kandang Kambing

Rhobi Shani    •    Selasa, 19 Dec 2017 15:45 WIB
puskesmas
Puskesmas Kedung Mutih Disebut Seperti Kandang Kambing
Kondisi bangunan puskesmas di Desa Kedung Mutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah -- medcom.id/Rhobi Shani

Demak: Bangunan puskesmas di Desa Kedung Mutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah rusak parah dan tidak terawar. Warga menyebutnya seperti kandang kambing.

Pantauan medcom.id, Puskesmas Pembantu Kedung Mutih berdiri di atas tanah desa seluas 28 meter x 14 meter. Dinding dan atap bangunan sudah rapuh.

Saat ini, hanya ada satu ruang kecil yang masih dapat digunakan. Saat turun hujan dan air laut pasang, halaman puskesmas selalu terendam air.

"Bangunan puskesmas sangat tidak layak, sudah rusak parah. Kalau boleh menyebut, seperti kandang kambing," kata Limin, warga Desa Kedung Mutih, Senin, 18 Desember 2017.

Menurut Limin, banyak warga memilih pergi ke bidan desa untuk mendapatkan layanan kesehatan. Jika tidak, warga rela menempuh jarak 7 kilometer untuk mencapai puskesmas terdekat.

Kepala Desa Kedung Mutih Suhari mengatakan sudah berulangkali mengajukan perbaikan puskesmas ke Pemerintah Kabupaten Demak. Namun, hingga saat ini tak ada tanggapan serius.

"Puskesmas itu sering kena banjir. Kami sudah mengajukan dipindah atau dibangun kembali. Tapi, sampai sekarang belum ada tanggapan. Kondisi seperti ini sudah terjadi hampir lima tahun," beber Suhari.

Sebagai informasi, Kedung Mutih adalah desa yang berada di ujung utara Kabupaten Demak. Lokasinya berbatasan dengan Desa Kedung Malang, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara.


(NIN)