Belum Ada Parpol Mendaftar di KPUD Surakarta

Pythag Kurniati    •    Selasa, 03 Oct 2017 19:23 WIB
kpu
Belum Ada Parpol Mendaftar di KPUD Surakarta
Komisioner KPU Surakarta bersiap menyambut partai politik yang hendak mendaftar untuk Pemilu 2019, MTVN - Pythag Kurniati

Metrotvnews.com, Surakarta: Hari ini merupakan hari pertama pendaftaran partai politik (parpol) dibuka. Namun suasana di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Surakarta masih tampak lengang.
 
“Memang belum ada partai yang mendaftar pada hari pertama ini,” ungkap Komisioner Divisi Hukum KPUD Surakarta Nurul Sutarti saat ditemui di Kantor KPUD Surakarta, Jalan Kahuripan Utara, Sumber, Banjarsari, Solo, Selasa, 3 Oktober 2017.
 
Kendati demikian, ada sejumlah partai politik yang berkonsultasi terkait persyaratan pendaftaran. Nurul menilai, saat ini banyak partai politik yang masih mempersiapkan persyaratan.
 
“Kemungkinan pekan depan sudah mulai ramai,” ujar dia.
 
Ia menambahkan, kebanyakan partai politik masih bingung dengan pengisian Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) sebagai salah satu persyaratan. “Banyak yang masih belum ngeh,” imbuh dia.
 
Merujuk aturan, sebelum mendaftar parpol wajib memasukkan data ke Sipol. Data antara lain meliputi data pengurus parpol pusat, provinsi dan kabupaten/kota, data anggota tingkat kabupaten/kota serta data pendukung lainnya.
 
Setelah melakukan input data, formulir dari Sipol dicetak dan diserahkan ke KPUD saat mendaftar beserta syarat lainnya. “Bila hasil penelitian ada kekurangan dokumen atau tidak sama dengan Sipol maka KPUD Surakarta mengembalikan ke parpol untuk dilengkapi,” beber dia.
 
Ketua KPUD Surakarta Agus Sulisyo memaparkan pendaftaran partai politik di kabupaten/kota akan dibuka selama 14 hari. “Mulai hari ini (3 Oktober 2017) sampai 16 Oktober 2017),” tuturnya.



(RRN)