Iklan Rokok di Warung di Kulon Progo Disita Satpol PP

Antara    •    Kamis, 07 Dec 2017 11:18 WIB
perda rokok
Iklan Rokok di Warung di Kulon Progo Disita Satpol PP
Ilustrasi bebas rokok, Medcom.id - Rakhmat Riyandi

Kulon Progo: Satuan Polisi Pamong Praja Kulon Progo, DI Yogyakarta, menertibkan spanduk iklan rokok di toko dan warung. Kegiatan itu sebagai bentuk dukungan pemberlakuan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Satpol PP Kulon Progo Duana Heru mengatakan mulai menyosialisasikan perda tersebut ke masyarakat. Petugas membersihkan spanduk iklan yang dipajang di tengah-tengah masyarakat.

"Seperti warung atau toko yang dikelola masyarakat," kata Duana di Kulon Progo, Kamis, 7 Desember 2017.

Duana lalu melayangkan surat teguran pada 20 pemilik warung. Sebab, warung melanggar Perda KTR Pasal 7 ayat 4 juncto Pasal 7 ayat 3. Sanksi administrasinya berupa teguran lisan, tertulis, dan penarikan reklame. 

"Awalnya, kami hanya memberikan teguran lisan, tapi tahun ini sudah memberikan teguran tertulis, dan tahun depan dilakukan tindakan," ujar Duana.

Petugas juga menyita banner dan spanduk berbagai merek iklan rokok di Kecamatan Kalibawang. Petugas lalu menggantinya dengan iklan layanan kesehatan.

Sebelumnya Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan sosialisasi Perda KTR masih persuasif dalam dua tahun terakhir. Namun mulai tahun depan, pemberlakuan Perda lebih tegas.

"Kami akan bersikap tegas menegakkan Perda KTR," katanya.


(RRN)