Jembatan Kaligangsa Diperbaiki Akibat Pergerakan Tanah

Supardji Rasban    •    Minggu, 12 Nov 2017 17:10 WIB
tol
Jembatan Kaligangsa Diperbaiki Akibat Pergerakan Tanah
Alami Pergeseran Tanah, Jemnbatan Kaligangsa Tol Pejagan-PemalangDibongkar Ulang. FOTO: MI Supardji Rasban.

Pemalang: Mengalami pergeseran tanah, tanjakan Jembatan Kaligangsa di Tol Transjawa Pejagan-Pemalang, Jawa Tengah, dibongkar ulang untuk dilakukan perbaikan. Sebab jika tidak dibongkar dan diperbaiki lagi, dikhawatirkan nantinya bisa membahayakan jika sudah dioperasikan penuh.

Tanjakan Jembatan Kaligangsa yang sedang dilakukan perbaikan itu, persisnya berada di perbatasan Tol Brebes Timur/Brexit-Tegal, baik pada sisi barat dan timur. Sedangkan yang ke arah Tegal-Pemalang, saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Perbaikan berupa pembuatan tiang-tiang pancang serta kerangka konstruksi tanjakan jembatan, setelah sebelumnya mengganti urugan atau timbunan tanah. "Karena pada alat monitor yang dipasang sebelumnya, menunjukkan pergerakan tanah yang dinilai membayakan jika diteruskan," ujar Manajer Pejagan Pemalang Tool Roaad (PPTR), Sawan Mulyawan.

Wawan sapaan akrabnya ini menyebut, meski pengerjaan ulang pembuatan tanjakan Jembatan Kaligangsa itu dilakukan, tapi target rampung pada 2018 bisa tercapai. "Yang penting tidak ada kendala yang berarti seperti bencana alam. Ya mudah-mudahan tidak ada," ucap Wawan.

Sehingga, menurut Wawan, nantinya bisa dioperasikan penuh pada musim arus mudik-balik Lebaran 2018. "Kalau dioperasikan penuh pada musim arus mudik-balik Lebaran 2018, bisa lah," kata Wawan optimistis.

Seperti diketahui, pembangunan Tol TransJawa Pejagan-Pemalang pada ruas Brebes Timur/Brexit-Pemalang, Jawa tengah, terus dikerjakan. Saat ini tahapan atau progresnya didominasi pengecoran badan jalan.


(ALB)